Joko Widodo : 2020 Food Estate yang Dikembangkan Di Kalteng Seluas 30.000 ha - Liputan Sbm

09 October 2020

Joko Widodo : 2020 Food Estate yang Dikembangkan Di Kalteng Seluas 30.000 ha

Pulang Pisau - Presiden Joko Widodo lakukan tanam perdana sekaligus menandai dimulainya program lumbung pangan nasional  di kawasan Food Estate Tepatnya di Desa Belanti Siam  Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau. adapun luasan wilayah mencapai 168.000 ha dan akan dibagikan di kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas. Kamis, 08/10/2020.

Setelah meninjau Food Estate, Presiden Joko Widodo memberikan keterangan Pers  bahwa untuk Program Tahun 2020 Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau akan dikembangkan di lahan seluas 10.000 ha. Sementara, di Kabupaten Kapuas akan dikerjakan di lahan seluas 20.000 ha.

“Di Prov. Kalteng untuk Tahun 2020 adalah 30.000 ha ”, tutur Joko Widodo.

Lahan Food Estate akan dikembangkan menggunakan alat dan mesin pertanian modern.

“Pemupukan kita memakai  drone , kemudian untuk membajak sawah memakai traktor apung, traktor khusus yang dipakai,” imbuhnya.

Joko Widodo juga mengungkapkan Food Estate di Prov. Kalteng tidak hanya untuk persawahan tetapi juga akan ditanami tanaman lainnya. Food Estate di Prov. Kalteng merupakan model percontohan yang akan direplikasi di Daerah lain.

“Dengan cara-cara ini kita mengharapkan pendapatan petani akan naik. Tidak hanya dari padi tapi juga dari jeruk, dari bawang merah, dari kelapa, dan dari ikan, plus juga dari itik, ”tutup Joko Widodo. (Red) #liputansbm


Editor : Rizaldi

Sumber : MMC Kalteng

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda