Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya Tinjau Kawasan food estate Desa Terusan - Liputan Sbm

11 October 2020

Plt Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya Tinjau Kawasan food estate Desa Terusan

KALIMANTAN TENGAH - Plt Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya melakukan peninjauan di kawasan pembangunan dan pengembangan food estate yang berada di Desa Terusan, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas, Rabu (30/09/2020). Turut hadir dalam peninjauan diantaranya Sekretaris Daerah Prov Kalteng Fahrizal Fitri, Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Herson B Aden serta Kepala Perangkat Daerah Prov Kalteng terkait.

Kunjungan Plt. Gubernur Kalteng dan rombongan di Kab. Kapuas dilakukan setelah sebelumnya melakukan peninjauan di kawasan pembangunan dan pengembangan food estate yang berada di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau. Setibanya  di Desa Terusan, Plt. Gubernur Kalteng beserta rombongan disambut langsung Plt. Bupati Kapuas H.M. Nafiah Ibnor beserta anggota Forkopimda Kabupaten Kapuas.

Baca juga : Plt. Gubernur Kalteng : Food Estate Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Petani 

Saat berada dilokasi program Food Estate, Habib Ismail Bin Yahya menyampaikan bahwa Food Estate yang ada di Kalteng khususnya Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau merupakan konsep pengembangan pangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan dan peternakan di suatu kawasan Daerah.

“Food Estate ini bukan hanya padi tapi mencakup semua pertanian, perkebunan, budidaya ikan dan peternakan.  Kita harapkan Kalteng  bisa menjadi lumbung ketahanan pangan Nasional, agar lebih dikenal, lebih maju, mandiri serta tidak kalah dengan Daerah lainnya”, tutur Plt. Gubernur Kalteng.

Kawasan Food Estate di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulang Pisau merupakan kawasan yang menjadi percontohan bagi Daerah-Daerah lain. Pengembangan program food estate di Kalteng masih akan terus dilakukan lagi pada Daerah-Daerah lain yang memiliki potensi pengembangan pertanian.

Plt. Gubernur Kalteng Tinjau Kawasan Pembangunan dan Pengembangan Food Estate di Desa Terusan Kab. Kapuas

Plt. Gubernur Kalteng Habib Ismail Bin Yahya saat melakukan panen padi menggunakan alat Combine Harvester

Usai melakukan peninjauan di kawasan pembangunan dan pengembangan food estate yang berada di Desa Terusan,  Plt. Gubernur Kalteng  melanjutkan agenda Kunjungan Kerja menuju tempat panen padi yang masih berada di satu kawasan yakni Desa Terusan Mulya, Kabupaten Kapuas. Di Desa Terusan Mulya ini setiap harinya petani berhasil memanen 100 Ton padi yang dihasilkan.

Plt. Gubernur Kalteng beserta rombongan juga melakukan peninjauan di kawasanan food estate yang rencananya akan dilakukan penanaman perdana di Bulan Oktober 2020


Sumber : MMCKalteng

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda