Plt. Gubernur Kalteng Ikuti Rakor Anev Pelaksanaan Pilkada 2020 Secara Virtual - Liputan Sbm

02 October 2020

Plt. Gubernur Kalteng Ikuti Rakor Anev Pelaksanaan Pilkada 2020 Secara Virtual

Palangka Raya – Hadiri Rapat Koordinasi Analisa dan Evaluasi (Rakor Anev) Pelaksanaan Kampanye Pilkada Serentak Tahun 2020 Plt. Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Ismail bin Yahya yang diselenggarakan secara virtual melalui video conference dari kantor Kementerian Dalam Negeri, Jumat (02/10/2020).


Sehubungan dengan masih adanya kunjungan kerja di Kabupaten Barito Utara, Plt. Gubernur mengikuti Rakor Anev tersebut secara virtual bersama Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra.

Baca juga ; Rencanakan Investasi Hijau Staf Khusus Presiden Datangi Kalteng 

Rakor Anev dipimpin secara langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD didampingi Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Ketua Satuan (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo dan diikuti seluruh Kepala Daerah se-Indonesia.

Menkopolhukam Mahfud MD menyampaikan tujuan digelarnya Rakor Anev ini yaitu untuk mendengarkan analisa dan evaluasi pelaksanaan kampanye Pilkada serentak yang sudah dimulai sejak 26 September 2020.

Mahfud mencatat ada sejumlah permasalahan dalam Pilkada serentak antara lain ormas yang berpengaruh dengan niat baik dan tulus telah menyerukan penundaan Pilkada. “ Kita terima hal itu sebagai niat yang baik dan tulus semata untuk keselamatan rakyat.

Baca juga : Pemprov Kalteng Ikuti Rakornas Implementasi Reformasi Birokrasi dan Rakernas Forum Forsesdasi 

Tetapi pemerintah tetap harus mengambil langkah dan keputusan secara konstitusional dan institusional bahwa Pilkada tidak ditunda tetapi dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan,” ungkap Mahfud.

Alasan tidak ditundanya Pilkada serentak telah disampaikan Mendagri dalam beberapa kesempatan antara lain perbandingan dari negara-negara lain yang melaksanakan Pemilu di masa pandemi dan ditunjukkan dengan angka kecenderungan penularan yang disampaikan Ketua Satgas Penanggulangan COVID-19 Doni Monardo dalam beberapa rapat.

Dalam rakor tersebut, masing-masing sektor terkait menyampaikan analisis dan evaluasi sesuai kapasitasnya. KPU RI melalui Plh. Ketua KPU RI Ilham Saputra menyampaikan kendala kampanye dari laporan KPU di daerah antara lain beberapa daerah belum memulai kampanye karena masih menunggu ijin berkampanye, keterlambatan penyerahan desain APK dan bahan kampanye, data petugas kampanye, relawan, akun medsos terlambat disampaikan oleh paslon kepada KPU.

Untuk itu langkah lanjutan KPU antara lain melakukan pemantauan dan supervisi kepada KPU Provinsi/Kab/Kota lebih masif lagi. Sementara itu Kepala Bawaslu RI Abhan, melaporkan langkah-langkah pengawasan dan penindakan terhadap protokol kesehatan COVID-19 dalam pelaksanaan kampanye.

Hasil pengawasan kampanye pada hari pertama dan kedua masa kampanye ditemukan 19 pelanggaran protokol COVID-19 dan 94.846 penertiban alat peraga. Untuk itu Bawaslu memberi rekomendasi dan saran antara lain pelibatan Satpol PP pada tiap kegiatan kampanye dan penegasan perijinan kegiatan kampanye oleh kepolisian.

Analisa dan evaluasi disampaikan pula oleh Kepala BIN RI, Panglima TNI, Jaksa Agung, Ketua Satgas COVID-19 dan Mendagri.

Menkopolhukam Mahfud MD menyimpulkan penegakan protokol kesehatan sebagai kunci dalam kampanye Pilkada serentak. Metode penegakan protokol dilakukan melalui cara preventif, persuasif, dan penegakkan hukum tanpa pandang bulu.

Turut serta mengikuti Rakor Anev ini dari Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur, antara lain Sekda Fahrizal Fitri yang didampingi oleh Asisten II Bidang Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Nurul Edy, Kabinda Kalteng, Danrem 102/PJG, mewakili Kapolda Kalteng, mewakili KPU Kalteng dan Bawaslu Kalteng. (Red) #liputansbm

Editor : Rizaldi


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda