Tanggapan Ketua Komisi C Terkait Aksi Guru - Liputan Sbm

26 October 2020

Tanggapan Ketua Komisi C Terkait Aksi Guru


Palangka Raya - Dunia pendidikan acap kali menarik untuk dibahas, dari Pendidikan yang baik maka akan tumbuh generasi yang baik pula. Begitupun peran pemerintah daerah sangatlah penting dalam segi program dan pengawasannya. Senin, 26/10/2020.


Dalam Alinea keempat Pembukaan UUD 1945 disebutkan tujuan nasional yaitu (I) melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia; (2) memajukan kesejahteraan umum; (3) mencerdaskan kehidupan bangsa; dan (4) ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.


Terkait dengan inginnya para guru dan pengawas melakukan aksi demo di kantor walikota, liputansbm.com mendatangi kantor DPRD kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah untuk meminta tanggapan Ketua Komisi C, bidang kesejahteraan rakyat BETA SYAILENDRA yang juga politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Kamis, (22/10).


Baca juga : Raport Ditahan Sekolah, Disdik Kota Palangkaraya Angkat Bicara 


Menyikapi keinginan guru dan pengawas beberapa waktu lalu, yang menginginkan tunjangan daerah dibayarkan.


Beta mengatakan,"itu kan sudah difasilitasi oleh walikota, demo nya tidak jadi berarti ada solusi-solusi yang ditawarkan oleh pemerintah untuk guru, dan kami akan melihat bagaimana solusi itu, mudahan ada win-win solution untuk guru.


Tugas dan wewenang DPRD adalah: Membentuk peraturan daerah bersama kepala daerah. Membahas dan memberikan persetujuan rancangan peraturan daerah mengenai anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang diajukan oleh kepala daerah. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan daerah dan APBD.


Jadi kami (komisi C DPRD Kota Palangka Raya) akan mempelajari lagi lebih komprehensif tentang permendikbud 19 tahun 2019 dan perwali no 25 tahun 2020.


Baca juga : Ombudsman Kalteng Menyayangkan Penahan Raport Oleh Pihak Sekolah 


Kita (komisi C) juga akan menerima masukan-masukan dari masyarakat terkait tunjangan guru dan pengawas ini, ucapnya lagi.


Kita berharap agar pendidikan di palangkaraya ini semakin maju sesuai dengan visi misi walikota yaitu kota yang smart, untuk mencapai smart ini kan salah satunya selain kesehatan ya pendidikan ini, untuk memajukan pendidikan ini kan banyak faktor bukan hanya fasilitas tapi juga kesejahteraan guru, karena kesejahteraan guru adalah salah satu point untuk memajukan pendidikan itu pungkasnya. #liputansbm 


Penulis : Rizaldi

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda