Gelar Rakerda, DPW KSBN Kalteng Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya - Liputan Sbm

26 November 2020

Gelar Rakerda, DPW KSBN Kalteng Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya

PALANGKA RAYA - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kamis (26/11/2020).

Kegiatan Rakerda KSBN Provinsi Kalteng ini di gelar di meeting room Cristian Center Jalan Diponegoro Kota Palangka Raya.

Ketua DPW KSBN Kalteng Ir. Ellisae Lambung, MA saat dibincangi oleh Liputan SBM usai kegiatan rakerda tersebut mengatakan, agenda kita pada malam hari ini adalah Rakerda karena tadi pagi kita sudah melaksanakan pelantikan Pengurus Cabang KSBN Tingkat Kabupaten/Kota Masa Bakti 2020-2025.

"Pada rakerda KSBN Kalteng ini, DPW KSBN mendengarkan aspirasi yang disampaikan oleh pengurus KSBN Kabupaten mengenai Seni Budaya, Pariwisata yang akan kita gali lebih dalam melalui Rakerda DPW KSBN pada malam ini," kata Ir. Ellisae Lambung, MA.


Lebih jauh Ir. Ellisae Lambung, MA. mengatakan, melalui Rakerda ini kami juga akan menyampaikan segala aspirasi yang disampaikan oleh pengurus KSBN Kabupaten ke pusat.

"Sehingga segala potensi yang ada di Kalteng ini baik itu Seni maupun Budaya bisa tepat sasaran kedepannya," ungkapnya.

"Kita berharap melalui Rakerda KSBN kali ini ada satu sinergi antara pengurus Kabupaten, Provinsi serta pengurus Pusat sehingga sinergi ini yang kita ciptakan bisa menjadi suatu visi dan misi untuk bersatu di dalam mengembangkan kemajuan kebudayaan di Kalteng," harapnya.

Dikatakan Ellisae Lambung bahwa, di KSBN ini sendiri merupakan tempat berkumpulnya para seniman, diantaranya adalah seniman Patung, seniman Tari, Seniman Pantomim dan lain sebagainya, KSBN sendiri menganggap para seniman tersebut keluarga tanpa memandang suatu perbedaan.

"Kepentingan kita disini adalah demi untuk pemajuan kebudayaan sesuai dengan UU No. 5 Tahun 2017, saya sendiri sebagai Ketua Umum DPW KSBN Kalteng selalu berusaha untuk menyamakan visi dan misi tersebut, sehingga seni budaya ini bisa menjadi suatu identitas bangsa, "kalau bukan kita siapa lagi yang melestarikan budaya kita, kalau bukan sekarang kapan lagi," tambanya.

Ketua DPW KSBN Kalteng Ir. Ellisae Lambung, MA  juga menyampaikan bahwa KSBN selalu membina generasi muda di segala bidang kesenian. Salah satunya ialah Karungut.

Sekedar informasi Karungut adalah sebuah kesenian tradisional dari Kalimantan Tengah, Seni ini berupa sastra lisan atau juga bisa disebut pantun yang dilagukan. Karungut merupakan karya yang dijunjung masyarakat Dayak sebagai sastra besar klasik dan merupakan semacam pantun atau gurindam.

Dalam Rakerda tersebut Ketua DPW KSBN Kalteng Ir. Ellisae Lambung, MA juga mengajak generasi muda di Kalteng untuk selalu mencintai dan melestarikan budaya dan kesenian Indonesia khususnya kebudayaan di Bumi Tambun Bungai Provinsi Kalimantan Tengah ini.




Pewarta : Antonius Sepriyono/Andy Arianto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda