KPU Kalteng Laksanakan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024 - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

29 June 2022

KPU Kalteng Laksanakan Sosialisasi Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024






PALANGKA RAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan coffee morning Sosialisasi Tahapan Pemilihan Umum Tahun 2024 di halaman kantor KPU Provinsi Kalteng JL. Jendral Sudirman Kota Palangka Raya, Rabu (29/6/2022).

Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa KPU Provinsi Kalimantan Tengah menyelenggarakan acara tersebut sebagai upaya mensosialisasikan Tahapan Pemilu 2024, serta memberikan informasi terkait tahapan dan jadwal tahapan Pemillu 2024, yang telah diluncurkan oleh KPU RI pada tanggal 14 Juni 2022 lalu.

"Komisi Pemilihan Umum adalah lembaga penyelenggara Pemilihan Umum yang bersifat Nasional, Tetap dan Mandiri yang bertugas melaksanakan Pemilu sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Pemilu, dan seperti yang sudah kita ketahui bahwa Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2022 tentang Tahapan dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2024 telah ditetapkan dan diundangkan, dengan demikian Komisi Pemilihan Umum sudah siap melaksanakan kegiatan setiap tahapannya," kata Harmain.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa Pemilihan Umum Tahun 2024 dilaksanakan secara efektif dan efisien dengan berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, oleh karena itu sebagai Penyelenggara Pemilu melaksanakannya dengan memenuhi prinsip mandiri, jujur, adil, berkepastian hukum, tertib, terbuka, proporsional, profesional, akuntabel, efektif, efisien dan akesibel.

"Beberapa waktu lalu KPU Provinsi Kalimantan Tengah telah mencanangkan Pembangunan Zona Integritas yakni meliputi 6 area perubahan, yakni perubahan bidang manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan pengawasan dan akuntabilitas kerja serta penguatan kualitas pelayanan publik," tuturnya.

Dikatakannya bahwa, KPU Provinsi Kalimantan Tengah yang mempunyai tugas dan fungsi secara hirarki dengan KPU RI memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan Pemilu di wilayah provinsi Kalimantan Tengah, salah satu tugasnya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat di bidang pelayanan informasi Pemilu/Pemilihan, maupun pelayanan kepada Peserta Pemilu dan para pemangku kepentingan lainnya. KPU Provinsi Kalimantan Tengah selalu mengutamakan pelayanan yang berkualitas, cepat dan bebas dari unsur korupsi, kolusi dan nepotisme.

"Seperti pesan Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari dalam peluncuran Tahapan Pemilu 2024, penting bagi kita bersama berkomitmen menjadikan Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa, wujud dari Bhinneka Tunggal Ika. Dalam Pemilu secara langsung adat 3 hal penting yang harus tersedia yaitu Peserta Pemilu, adanya Pemilih dan adanya proses untuk mengekspresikan pilihan. Proses pemungutan suara dan penghitungan suara adalah sarana perwujudan kehendak rakyat, penyaluran kedaulatan rakyat, oleh karena itu sudah menjadi tugas kita bersama untuk menjaga seutuhnya," ungkapnya.

Diakhir sambutannya Ketua KPU Kalteng berpesan kepada seluruh jajarannya serta tamu undangan yang hadir saat itu agar dapat bekerja sama mewujudkan Pemilihan Umum Tahun 2024 di wilayah provinsi Kalimantan Tengah dengan aman, lancar dan terkendali sampai terpilihnya Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPD RI, DPR RI, Anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kabupaten/Kota sebagai wujud pemerintahan Demokrasi.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda