Disdik Kalteng Gelar Kegiatan Penyerahan Apresiasi Peserta Olimpiade, Festival dan Lomba Tingkat Nasional - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

29 November 2022

Disdik Kalteng Gelar Kegiatan Penyerahan Apresiasi Peserta Olimpiade, Festival dan Lomba Tingkat Nasional




PALANGKA RAYA - Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan kegiatan penyerahan apresiasi peserta Olimpiade, Festival dan Lomba Tingkat Nasional Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA Kalimantan Tengah Tahun 2022. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ballroom M. Bahalap Hotel, Palangka Raya, Selasa (29/11/2022).

Ketua Panitia Safrudin dalam laporannya pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa maksud diselenggarakannya Kegiatan Penyerahan Apresiasi Peserta Olimpiade, Festival dan Lomba Tingkat Nasional Jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA Kalimantan Tengah Tahun 2022 adalah sebagai upaya memberikan penghargaan atas prestasi, talenta, bakat, minat kreativitas serta inovasi peserta didik SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA Provinsi Kalimantan Tengah.

"Sementara itu, tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai wujud apresiasi dan penghargaan Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah untuk membina dan meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang olimpiade, Festival, lomba sekaligus mampu mengasah kepekaan peserta didik dalam menghargai seni dan karya orang lain. Serta untuk memetakan dan mengiventarisir peserta didik yang memiliki prestasi dan bakat  dalam bidang Olimpiade, Sains, olahraga dan seni," katanya.

Selain itu, Safrudin menyampaikan kepada peserta didik agar dapat mengembangkan bakat dan minat dalam bidang olimpiade, sains, olahraga dan seni. Karena dirinya menyakini hal itu dapat menjadi sarana promosi potensi peserta didik kepada dunia usaha dan dunia industri khususnya ekonomi kreatif serta komunitas dibidang seni.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kalteng H. A. Syaifudi ketika dibincangi oleh sejumlah media usai kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pihaknya hari ini merupakan bentuk apresiasi dari Dinas Pendidikan Kalteng kepada peserta didik yang telah berhasil meraih prestasi pada tingkat nasional maupun internasional.

"Jadi kegiatan yang dilaksanakan hari ini dalam rangka kita memberikan apresiasi. Anak didik di Kalteng sendiri punya potensi maupun talenta yang luar biasa, maka dari itu kita perlu memberikan apresiasi kepada mereka yang telah berhasil membawa harum nama Provinsi Kalimantan Tengah," ucapnya.

Menurut Kadisdik Kalteng, memang tidak semua anak bisa menggapai prestasi, tapi semua anak bisa berprestasi jika anak tersebut berada dalam beberapa kriteria berikut, seperti motivasi yang tinggi, dukungan keluarga, dukungan dari pihak sekolah dan beberapa faktor lainnya. 

"Maka dari itu prestasi siswa menjadi hal yang istimewa dan setiap siswa yang berhasil meraih prestasi patut mendapatkan apresiasi yang layak sesuai dengan tingkatan prestasi yang mereka raih. Karena hanya melalui Pemberian Apresiasi kepada anak-anak Kita yang berprestasi juga menjadi hal yang penting agar siswa yang mendapatkan prestasi bisa semakin termotivasi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi, bagi siswa lainnya ini juga bisa menjadi motivasi agar siswa lainnya bisa meraih prestasi sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki," demikian Syaifudi.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda