Ketum DAD Kalteng Ingatkan Pengurus Agar Fokus Bersinergi Majukan Masyarakat Dayak - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

29 November 2022

Ketum DAD Kalteng Ingatkan Pengurus Agar Fokus Bersinergi Majukan Masyarakat Dayak




PALANGKA RAYA - Ketua Umum (Ketum) Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Agustiar Sabran mengingatkan kepada seluruh pengurus DAD Provinsi Kalteng untuk terus bersinergi dengan semua pihak.

Hal tersebut disampaikan Agustiar Sabran pada saat pembukaan Rapat Koordinasi Teknis (Rarornis) DAD Kalteng melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) Walter S. Penyang, Selasa (29/11/2022).

"Mari kita bangun semangat kebersamaan, kerjasama dan koordinasi yang baik antara seluruh pengurus. Begitu pula dengan instansi terkait lainnya, baik dari unsur pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat adat dalam memperjuangkan hak-hak Masyarakat Adat Dayak, agar hak-hak Masyarakat Adat Dayak di Kalteng semakin lestari dan terjaga," kata Agustiar melalui Waketum DAD Kalteng Walter S. Penyang, saat membuka kegiatan Rakornis DAD Kalteng Tahun 2022 yang dilaksanakan di Aula Hotel Dandang Tingang Palangka Raya.

Waketum DAD Kalteng menegaskan, keberadaan DAD sebagai Lembaga Adat Dayak yang mengemban tugas dari Majelis Adat Dayak Nasional (MADN), merupakan lembaga koordinasi dan supervisi bagi Dewan Adat Dayak Kabupaten/Kota.

Sebab itu, DAD Kalteng memiliki tanggung jawab atas tetap lestari, berdaya guna dan berkembangnya Hukum Adat Dayak, adat-istiadat dan kebiasaan-kebiasaan positif dalam kehidupan Masyarakat Adat Dayak di Kalteng.

Walter menambahkan, salah satu tujuan dilaksanakannya Rakornis DAD Provinsi Kalteng Tahun 2022 ini adalah untuk penyamaan visi dan persepsi terhadap berbagai kebijakan DAD dan juga untuk sinkronisasi perencanaan dan pelaksanaan program kerja DAD Provinsi Kalteng baik itu jangka panjang dan jangka pendek. 

"Saya mengajak kita untuk semakin merapatkan barisan, bersatu padu dan bahu-membahu menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Tunjukkan kredibilitas dan tanggung jawab kita, dengan membangun kesadaran dan semangat dalam satu semangat untuk mencapai kemajuan, kemandirian dan kesejahteraan, secara material dan spiritual, sebagaimana yang diharapkan," pungkasnya.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda