DPMPTSP Kalteng Naik Peringat Penilaian Kinerja PTSP dan PPB se-Indonesia - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

29 November 2022

DPMPTSP Kalteng Naik Peringat Penilaian Kinerja PTSP dan PPB se-Indonesia



                     Kepala DPMPTSP Provinsi Kalteng, Sutoyo

PALANGKA RAYA - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) naik peringkat penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Pemda se-Indonesia Tahun 2022, dari peringatkan ke-13 pada 2021 menjadi ke-11 Nasional.

"DPMPTSP Kalteng mengalami peningkatan menjadi peringkat ke-11 penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Pemda se-Indonesia Tahun 2022, dengan nilai 88,862 katagori sangat baik," ucap Kepala DPMPTSP Provinsi Kalteng, Sutoyo, Senin (28/11/2022).

Dikatakan Sutoyo bahwa, penilaian Kinerja Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) Pemda tersebut dilakukan oleh Kementerian Investasi/BKPM sebagaimana dimuat di dalam Peraturan Presiden No. 42 Tahun 2020 tentang Pemberian penghargaan dan atau Pengenaan Sanksi Kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah, yang dilakukan Kementerian sejak tanggal 30 Mei-25 Juni 2022 yang lalu.

"Tujuan Penilaian Kinerja PTSP dan PPB ini yakni untuk mengetahui, mengevaluasi dan mengkualifikasi Kinerja PTSP dan PPB Pemerintah Daerah, serta memberikan pertimbangan kepada Kementerian Keuangan dalam pemberian penghargaan dan/atau pengenaan sanksi kepada Pemda dan Kementerian Negara/Lembaga," ungkapnya.

Sutoyo menyebut, indikator yang menjadi Penilaian Kinerja PTSP yang dilakukan oleh Kementerian Investasi/BKPM yaitu Kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM), Sarana dan Prasarana Kerja, Impelementasi OSS, dan Output yang Dihasilkan

Sedangkan indikator dari Penilaian Kinerja PPB antara lain, Penerapan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko, Penyederhanaan Persyaratan Dasar Perizinan Berusaha, dan Peningkatan Iklim Investasi.

"Dengan adanya torehan ini, kedepan kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sesuai dengan Visi dan Misi Gubernur dan Wakil Gubernur, yaitu Kalteng Makin Berkah," demikian Sutoyo. 

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda