Dishub Kalteng Siapkan Upaya Antisipasi Angkutan Jelang Bulan Ramadhan - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

13 March 2023

Dishub Kalteng Siapkan Upaya Antisipasi Angkutan Jelang Bulan Ramadhan

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalteng, Yulindra Dedy.



PALANGKA RAYA - Tak lama lagi umat Islam di Indonesia khususnya di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menyambut bulan suci Ramadhan Tahun 2023. Terkait dengan hal tersebut stakeholder terkait dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalteng akan melakukan sejumlah upaya dalam mengantisipasi transportasi angkutan, baik berupa orang maupun barang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dishub Provinsi Kalteng, Yulindra Dedy saat diwawancarai oleh sejumlah media, di Palangka Raya pada Senin (12/3/2023).

"Ini juga perlu menjadi perhatian bagi kita, walupun masih belum ada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis secara lengkap dari Kementerian Perhubungan RI, tapi kita mulai lakukan antisipasi mulai dari ketersediaan armada dan kelaikan armada," kata Dedy.

Dikatakan Dedy bahwa, pada Minggu-minggu ini di Kalteng sudah dimulai kegiatan ram check kendaraan angkutan. Serta pemeriksaan umum kendaraan-kendaraan yang ada, dimana hari ini dilakukan di Kota Palangka Raya. Selain itu, pihaknya juga meminta untuk setiap Kabupaten lainnya agar mulai melakukan ram check.

Selain itu, kegiatan ram check juga dilakukan di terminal-terminal seperti di Palangka Raya dan juga kota Buntok Kabupaten Barito Selatan. Sehingga pihaknya akan terus mendorong agar kegiatan (ram check) bisa dilaksanakan disemua wilayah di Kalteng.

"Termasuk juga para travel-travel, kita minta untuk dapat melakukan KIR. Karena travel ini salah satu syaratnya adalah wajib KIR, sehingga untuk angkutan umum (orang) maupun angkutan barang ini harus wajib KIR. Karena kewenangan KIR ini ada di Kabupaten/kota untuk lebih aktif," demikian Dedy.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda