Peran Posyandu Harus Ditingkatkan Melalui Penguatan Tim Pokjanal - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

14 March 2023

Peran Posyandu Harus Ditingkatkan Melalui Penguatan Tim Pokjanal

Foto: Kepala Dinas PMD Provinsi Kalteng, Aryawan saat menyampaikan sambutan.




PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalteng menggelar Rapat Tim Kelompok Kerja Operasional (Pokjanal) Posyandu Tahun 2023. 

Kegiatan yang mengusung tema "Rencana Kerja Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Peran Posyandu di Kalimantan Tengah" ini dilaksanakan di Ballroom M. Bahalap Hotel, Palangka Raya, Selasa (14/3/2023).

Ketua panitia Rapat Tim Pokjanal Posyandu Provinsi Kalteng Ahmad Suwandi, dalam laporannya menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut yakni untuk meningkatkan komitmen Pemerintah Provinsi Kalteng dalam mendukung program posyandu.

"Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyusun rencana kerja, serta terjalinnya sinergitas antara pemangku kepentingan di provinsi Kalimantan Tengah," kata Suwandi. 

Lebih lanjut dikatakan Suwandi, output dari kegiatan ini diharapkan adanya rekomendasi, serta dukungan dari SOPD sesuai dengan tupoksinya untuk menguatkan program posyandu di Provinsi 

Sementara itu dalam sambutannya sekaligus membuka acara Sekda Kalteng, yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Kalteng, Aryawan menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan rapat tim Pokjanal Posyandu diharapkan dapat meningkatkan koordinasi, sinkronisasi, dan sinergitas dalam memantapkan tim Pokjanal Posyandu di masing-masing tingkatan.

"Pembangunan akan lebih efektif jika ada fasilitas dari pemerintah dan juga partisipasi dari masyarakat, sebagaimana kehadiran posyandu yang hadir agar masyarakat memperoleh pelayanan dasar di masyarakat," ucap Aryawan. 

Oleh karenanya semua pihak terkait, dapat ikut bertanggung jawab dalam penguatan posyandu, salah satunya pembentukan tim pokjanal posyandu di Provinsi Kalteng. Serta dalam pelaksanaannya dapat terintergrasi dengan stakeholder terkait.

"Dengan rapat tim pokjanal Posyandu, mari kita aktif dan serius menguatkan posyandu melalui tim pokjanal mulai dari tingkat desa, kelurahan, kecamatan hingga kabupaten dan provinsi. Selain itu melalui Pokjanal Posyandu, diharapkan dapat mempercepat penurunan angka stunting di Provinsi Kalteng," bebernya.

Oleh karena itu, melalui kegiatan tersebut diharapkan akan muncul pemikiran dan ide-ide maupun gagasan, sebagai bahan untuk merumuskan kebijakan di masa yang akan datang. 

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda