Plt Kadisbun: Kakao Punya Prospek yang Bagus di Kalteng - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

14 March 2023

Plt Kadisbun: Kakao Punya Prospek yang Bagus di Kalteng



PALANGKA RAYA - Kakao atau coklat, merupakan salah satu komoditi yang perlu dikembangkan di Kalimantan Tengah (Kalteng). Mengingat prospeknya yang ternyata cukup menjanjikan bagi petani kakao dalam meningkatkan perekonomian.

Hal itu disampaikan Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng, Rizky R. Badjuri, kepada media ini usai menerima kedatangan tim Kalteng Coco Project pada Senin (13/3/2023).

Sebagaimana tadi dikatakan oleh Rayanansi dari Kalteng Coco Projek, bahwa buah Kakao dari Kalteng pernah dikirimkan ke Swiss sebagai sample, dan diakui sangat bagus.

Saat ini perkebunan kakao yang berkembang berada di daerah Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah. 

"Berdasarkan data yang disampaikan, ini sangat luar biasa. Petani kakao di Barito Timur ada 400 orang, dengan perorangnya saja menguasai 1 sampai 2 hektar. Maka setidaknya kebun kakao di Barito Timur kurang lebih sebayak 530-an hektar, dan itu sukses," kata Rizky.

Lebih lanjut dikantannya, informasi ini harus diketahui masyarakat luas, terutama bagi pekebun Karet bahkan Kelapa Sawit. "Di Kalteng ada loh pekebun Kakao yang sukses," imbuhnya.

Untuk itu dalam waktu dekat, Dinas Perkebunan akan melaksanakan kegiatan Seminar, Workshop dan Temu Bisnis Kakao, guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap petani Kalteng dalam pengelolaan kebun Kakao.

Sementara itu, Cohyo Mukti Kordinator Kalteng Coco Project mengatakan, Kalteng memang sangat bagus untuk pengembangan buah Kakao. Selain pernah mengirimkan sample ke Swiss, juga sudah dilakukan penawaran kepada off taker dalam negeri.

"Dalam waktu dekat kita akan melakukan kerja sama dengan salah satu off taker di Jakarta. Sebelumnya sudah dikirim sample kakao ke sana, dan teruji bagus," beber Cohyo.

Dia mengharapkan, pertemuan dengan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng ini agar kebun Kakao di Barito Timur dapat menjadi percontohan bagi Kabupaten lain.

"Kami berharap, kesuksesan petani di Barito Timur bisa menjadi percontohan bagi Kabupaten lain untuk membudidayakan Kakao. Karena, semakin laris produk coklat suatu perusahaan, tentunya harus diiringi dengan stok bahan yang cukup. Maka petani Kalteng harus menjadi bagian dalam memenuhi kebutuhan bahan tersebut," pungkasnya. 

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda