Ini Kata Ketua KPU, Sekda dan Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Pada Talk Show Peran Perempuan Dalam Sukseskan Pilkada - Liputan Sbm

27 October 2020

Ini Kata Ketua KPU, Sekda dan Ketua Bawaslu Kota Palangka Raya, Pada Talk Show Peran Perempuan Dalam Sukseskan Pilkada


PALANGKA RAYA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya Dr. Ngismatul Choiriya, M. Pd.l usai memberikan materinya pada talk show peran perempuan dalam sukseskan Pilkada yang dilaksanakan di rumah pintar KPU Palangka Raya saat dibincangi oleh Liputan SBM mengatakan, tujuan dari talk show ini adalah untuk menyasar ranah segmen perempuan dengan  peserta yang hadir ini adalah Ormas yang ditangani oleh perempuan, Selasa (27/10/2020).

"Dengan harapan nanti akan mampu meningkatkan partisipasi pemilih dan diharapkan juga bisa mencapai target 79% partisipasi pemilih untuk Pilgub di 2020," ujarnya.

"Berdasarkan penetapan DPT yang sudah ditetapkan oleh KPU, pemilih perempuan di Kota Palangka Raya itu sekitar 51% selisihnya antara laki-laki dan perempuan kira-kira sekitar 700 orang," bebernya.

Baca juga : Hari Ini KPU Kalteng Akan Umumkan Nomor Urut Paslon Gubernur Kalteng 


Lebih lanjut disampaikannya, Karena lebih banyak perempuan diharapkan mereka dapat mensosialisasikan atau pun mendorong keluarganya untuk pergi ke TPS.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya Dra. Hera Nugrahayu, M.Si menghimbau kepada seluruh ASN  di Kota Cantik agar selalu menjaga asas nertalitas.

Ia juga mengajak masyarakat Kota Cantik agar secara aktif datang ke TPS, dengan harapan partisipasi pemilih untuk kota Palangka Raya bisa secara optimal terpenuhi.

"Saya juga menghimbau kepada seluruh perempuan di Kota Palangka Raya untuk tidak takut datang ke TPS, karena Pemerintah Kota juga sudah melakukan upaya dengan Tim Satgas Covid-19 yang juga berkolaborasi dengan Bawaslu Kota Palangka Raya agar pada Pilgub nanti tetap mematuhi protokol kesehatan secara optimal," katanya.

Baca juga : KPU Kota Palangka Raya Gelar Talk Show Terkait Peran Perempuan Dalam Sukseskan Pilkada


Masih di lokasi yang sama, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Palangka Raya Endrawati, SH.,MH mengatakan, Bawaslu kota sendiri akan selalu menjalankan fungsi pengawasan dan pencegahan serta penindakan apabila nanti terjadi dugaan atau potensi pelanggaran yang terjadi dalam semua tahapan Pilgub.

Saat ini Bawaslu Kota Palangka Raya juga sudah menindaklanjuti dan melakukan penindakan terhadap temuan netralitas ASN, ada tiga orang, yang sudah kita rekomendasikan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara di Jakarta.

Baca juga : Ini Isi Pers Rilis Terkait DPS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng 2020


"Harapan kami semua ASN yang ada di Kota Palangka Raya selalu Netral, tidak berpihak kepada salah satu paslon," tambahnya menegaskan.

Lebih jauh dikatakannya, karena mereka sudah terikat dengan kode etik dan sumpah janji mereka sebagai Aparatur Sipil Negara.

"Kami juga berharap semua penyelenggaraan pilkada 2020 ini tidak seperti Pillkada/Pilwalko kemarin, yang sampai terjadi Pemungutan Suara Ulang (PSU), bagaimana caranya? tentu dengan meminimalisir atau melakukan pencegahan dan pengawasan kami di lapangan baik secara langsung maupun tidak langsung," demikian Endrawati. #liputansbm.


Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda