Ini Kata Panglima BATAMAD Usai Kegiatan Pengukuhan dan Pelantikan Komandan Brigade dan Pengurus BATAMAD Kabupaten - Liputan Sbm

28 November 2020

Ini Kata Panglima BATAMAD Usai Kegiatan Pengukuhan dan Pelantikan Komandan Brigade dan Pengurus BATAMAD Kabupaten

PALANGKA RAYA - Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Panglima Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak (BATAMAD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Yuandrias, Dipl., PSC.,MA telah resmi melantik dan mengukuhkan Komandan Brigade dan Pengurus BATAMAD Kabupaten Barito Timur, Gunung Mas dan Lamandau, pada hari Sabtu (28/11).

Usai kegiatan tersebut Panglima BATAMAD Kalteng Yuandrias, Dipl., PSC.,MA saat dibincangi oleh Liputan SBM mengatakan, pelantikan dan pengukuhan komandan Brigade dan pengurus BATAMAD ini sebagai kelanjutan hasil Rapat Kerja BATAMAD 1 Oktober 2020 dan implementasi dari perda Kalimantan Tengah nomor 16 tahun 2008 tentang lembaga adat.

Baca juga : Komandan Brigade dan Pengurus BATAMAD Kabupaten Bartim, Gumas, Lamandau Resmi di Lantik dan di Kukuhkan 


"Kegiatan ini dilaksanakan agar masyarakat Indonesia tahu bahwa Dayak adalah bagian dari NKRI dan Dayak ada di Kalimantan Tengah juga seluruh Indonesia," ucapnya.

Lebih jauh Ia menyampaikan, Kami ingin Dayak bersatu, dayak dapat mengangkat harkat dan martabatnya dan juga dayak bisa menjadi maju dan menjadi tuan rumah yang baik bagi siapa saja yang tinggal dan hidup di kalimantan Tengah ini, serta tetap memegang falsafah hidup Huma Betang yang sudah ada sejak dahulu.

Dikatakan Yuandrias bahwa anggota BATAMAD yang terdaftar sampai saat ini berjumlah 15.000 anggota, Ia juga mengatakan bahwa BATAMAD  sendiri siap membantu Pemprov Kalteng untuk mengamankan Pilkada agar tetap aman dan damai.

Ia juga berpesan "Dimana Bumi Pipijak Disitu Langit Dijunjung", tujuannya adalah agar masyarakat Dayak selalu memegang teguh falsafah hidup Huma Betang yaitu BELUM (yang dalam Bahasa Dayak berarti HIDUP) Belum Bahadat, Belum penuh keteraturan, Belum penuh realitas dan Belum penuh keramahtamahan.

"Sekali lagi melalui kegiatan ini kita warga Dayak akan menjadi tuan rumah yang baik, penuh keharmonisan dan cinta damai," demikian Panglima BATAMAD Kalteng Yuandrias, Dipl., PSC.,MA.



Pewarta : Andy Arianto

Editor  : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda