Pemerintah Distribusikan Vaksin Covid-19 Keseluruh Kabupaten/Kota Se-Kalteng - Liputan Sbm

09 January 2021

Pemerintah Distribusikan Vaksin Covid-19 Keseluruh Kabupaten/Kota Se-Kalteng



Palangka Raya - Acara Pelepasan pengiriman vaksin covid-19 ke Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah dilakukan oleh kepala dinas kesehatan provinsi KALTENG Bapak Sayuti, di depan Istana Isen Mulang. Sabtu, 09/01/2021.


Pendistribusian ini ada yang menggunakan jalur darat dan ada juga yang menggunakan jalur udara, dua kabupaten yang menggunakan jalur udara pendistribusiannya yaitu gunung mas dan murung raya.


Menurut sayuti kenapa harus menggunakan jalur udara untuk dua kabupaten ini dikarenakan pendingin ada batasnya dan kedua daerah ini sulit dijangkau, sebenarnya untuk daerah yang jauh-jauh kita mau menggunakan helikopter tetapi karena keterbatasan jam terbang akhirnya dua daerah inilah yg menggunakan jalur udara.


Saat ditanyakan oleh awak media tentang banyaknya berita yang mengatakan vaksin ini banyak mendapat penolakan dari masyarakat, sayuti menjawab vaksin ini untuk kebaikan bersama dan bila sudah disetujui badan BPOM maka vaksin ini aman dan efektif, kalau mereka tidak percaya Badan POM siapa lagi yang mau kita percayai wong kami juga hanya menyandarkan kepercayaan pada BPOM kalo BPOM mengatakan bisa digunakan ya kami gunakan itulah kenapa kementerian kesehatan dipisahkan dengan BPOM supaya regulator dan pihak pelaksana tidak satu tempat, ingat BPOM tidak di bawah kementerian kesehatan tapi langsung dibawah Presiden.


Untuk cara  penggunaan vaksin ini masih belum bisa dilaksanakan karena belum ada perintah, pada intinya kita hanya menyuntikan dan saya sudah perintahkan Kadis-Kadis  di Kabupaten/Kota apabila barang sampai di tempat jangan dibuka sampai ada petunjuk lebih lanjut, kita bisa buka dan distribusi ke puskesmas-puskesmas dan klinik apabila ada otorisasi penggunaan darurat dari BPOM, itu kita tunggu bersama ucapnya.


Untuk hari ini di distribusikan ke katingan, pulang pisau dan kapuas juga murung raya dan gumas tadi menggunakan helikopter, hari senin nanti kita distribusikan ke kabupaten yang lain pungkasnya lagi. 


Seyogyanya acara ini dihadiri oleh Bapak gubernur Kalimantan Tengah tapi karena ada kegiatan di tempat lain maka acara ini dilepas oleh Kepala dinas Kesehatan provinsi kalimantan Tengah. #liputansbm


Pewarta : Andy Ariyanto

Editor : Rizaldi


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda