Organisasi Lintas Suku dan Etnis Forum Merah Putih Kalteng dibentuk - Liputan Sbm

13 June 2021

Organisasi Lintas Suku dan Etnis Forum Merah Putih Kalteng dibentuk




PALANGKA RAYA - Sejumlah Tokoh Adat dan Budaya, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda dari berbagai Etnis dan Budaya seperti Gerdayak Indonesia, DAD Provinsi Kalimantan Tengah, DAD Kota Palangka Raya, FKPPI, HIPAKAD, Bawi Dayak Provinsi Kalimantan Tengah dan lain sebagainya bersepakat mendirikan Forum Merah Putih Kalimantan Tengah pada 13 Juni 2021.

Kegiatan ini sendiri dilaksanakan di Resto Tjilik Riwut Kota Palangka Raya.

Untuk diketahui, Forum Merah Putih Kalimantan Tengah ini dibentuk  sebagai wadah berkumpul, berkomunikasi dan merawat keberagaman dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika. Terbentuknya Forum ini sebagai kesadaran kolektif bahwa persatuan dan kebhinekaan adalah dua hal yang harus terus di Jaga.  

Menurut Kolonel Bambang Hariyono ( Komandan Pasukan BAIS Wilayah Kalimantan), Solidaritas serta integrasi nasional adalah asset terbesar yang dimiliki oleh bangsa ini, oleh karena itu sebagai kaum adat, budaya, pemuda yang ada di Kalimantan Tengah sebagai garda depan kemajuan bangsa harus terus memberikan kontribusi positif untuk merah putih.

"Apalagi ditengah pandemi global yang juga melanda indonesia, nilai-nilai persatuan dan bergotong-royong adalah modal penting untuk kita bisa melewati masa-masa sulit ini,” tegasnya.

Sementara itu, menurut Ketua Umum Gerdayak Indonesia Drs Yansen Binti MBA masih dilokasi yang sama mengatakan, Kalimantan Tengah yang memiliki  Falsafah Huma Betang atau di sebut  Bumi Pancasila tidak ada  rasisme dan diskriminasi.

"Untuk itu mari kita sama-sama menjaga kedaulatan NKRI jangan sampai ada oknum  di Kalimantan Tengah ini yang ingin memecah belah NKRI,"ujarnya.



Forum ini sendiri dibentuk dengan menyadari bahwa Negara ini multikultur dan masyarakatnya majemuk yang sudah berkomitmen sejak awal berdirinya bangsa ini bahwa berbeda-beda akan tetapi tetap memiliki satu tujuan yang sama yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Menjaga persatuan dan kesatuan adalah menjaga Indonesia dari pihak-pihak yang sengaja ingin merusak dan memecah belah keutuhan NKRI.

Saat ini yang telah tergabung di Forum ini diantaranya ialah perwakilan dari Dayak, Banjar, Ambon, Jawa, Aceh, Batak, Bali, NTT, NTB, Nias, Manado dan forum ini masih membuka anggota Komunitas untuk bergabung dan bisa menghubungi CP a.n Miming ( 081250731234), Liberti ( 081349011148).

(Red Liputan SBM)


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda