Mahasiswa KKN-T Reguler UPR 2021 Ambil Bagian Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Desa Jabiren - Liputan Sbm

15 September 2021

Mahasiswa KKN-T Reguler UPR 2021 Ambil Bagian Dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Desa Jabiren

 



PALANGKA RAYA - Pelaksanaan Kegiatan dan Implementasi Program kerja mahasiswa KKN-T Reguler 2021 Universitas Palangka Raya di Desa Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau

Universitas Palangka Raya (UPR) tahun ini kembali melakukan Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) di beberapa wilayah di Provinsi Kalimantan Tengah yang dilaksanakan pada, 5 Agustus - 5 September 2021. Pelaksanaan KKN-T Reguler 2021 memang ada sedikit perbedaan dengan pelaksanaan KKN-T sebelumnya yang dilaksanakan secara luring dimana KKN-T Reguler 2021 ini mahasiswa melaksanakannya dengan metode hybrid yaitu secara daring dan luring. Hal ini di disebabkan oleh kondisi penyebaran Covid-19 yang masih tinggi dan penerapan PPKM Level 4 di beberapa kabupaten/kota termasuk di Kabupaten Pulang Pisau.

Pelaksanaan KKN-T Daring oleh kelompok Desa Jabiren dilakukan dengan berkoordinasi secara daring dengan pihak Desa, menyiapkan program kerja baik dalam bentuk digital (video tutorial) maupun program kerja yang nantinya harus dilaksanakan pada saat kelompok berada di lokasi.

Pelaksanaan KKN-T Reguler 2021 secara luring baru dapat dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 1-5 Semptember 2021 untuk wilayah kabupaten pulang pisau. Kelompok Desa Jabiren melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan Tema “Universitas Palangka Raya Bersinergi dengan Kabupaten Dalam Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat di Perdesaan”.

Dalam hal ini kelompok Desa Jabiren meluncurkan Empat program kerja yang diantaranya program kerja utama, Pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD), Pengembangan ketahanan pangan rumah tangga melalui pemanfaatan lahan pekarangan, Pengembangan UMK, dan satu program kerja unggulan yaitu Pencegahan penyebaran Covid-19.

Menurut Freshyuriantus yang merupakan mahasiswa Teknik Sipil UPR, "pembuatan hand sanitizer, pembagian tempat cuci tangan dibeberapa titik rawan,  serta memberikan himbauan kepada masyarakat disekitar Desa Jabiren merupakan salah satu cara yang efektif dimasa pandemi ini dengan cara langsung kelapangan merealisasikan cara penanganan pencegahan covid-19 yang sekarang juga tengah dihadapi oleh seluruh pelosok dunia," katanya.

Sementara itu Ketua Kelompok KKN-T Reguler UPR Desa Jabiren, Andri Kristianto mengatakan bahwa Pencegahan penyebaran Covid-19 merupakan suatu keharusan bagi mahasiswa KKN-T dalam hal menghimbau serta memberikan sosialisasi Tentang protokol kesehatan kepada warga masyarakat terkhususnya Desa Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau.

Dalam kesempatan itu Kepala Desa Jabiren, Asio H. Unil menyambut baik kedatangan mahasiswa KKN-T UPR terutama dengan Empat program kerja yang diimplementasikan di antaranya program kerja unggulan yaitu, “Pencegahan penyebaran Covid-19 ini merupakan suatu terobosan baru dan sangat bermanfaat bagi masyarakat dari mahasiswa KKN-T Reguler universitas Palangka Raya 2021 di Desa Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua BPD Desa Jabiren, Aprianitha Jaisantri, yang sangat mengapresiasi kegiatan-kegiatan mahasiswa KKN-T Reguler Universitas Palangka Raya dan membantu warga masyarakat selama berada di Desa Jabiren, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Ir. Hj. Revi Sunaryati, MM. dan juga selaku sebagai Dosen di Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian UPR mengungkapkan bahwa sudah selayaknya desa-desa yang berada di wilayah Kalimantan Tengah khususnya di Desa Jabiren ini diberikan pendampingan secara langsung bagi masyarakat dalam hal Pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami berharap dengan apa yang sudah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-T Reguler 2021 ini dapat memberikan manfaat dan setiap kegiatan tetap menerapkan Protokol kesehatan dengan baik dan benar," pungkasnya (Red).


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda