Jokowi Didampingi Ganjar Resmikan Bendungan Randugunting Di Blora - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

05 January 2022

Jokowi Didampingi Ganjar Resmikan Bendungan Randugunting Di Blora

 



Blora - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di sela kegiatan kunjungan kerjanya ke sejumlah wilayah di Pulau Jawa, meresmikan beroperasinya Bendungan Randugunting di Desa Kalinanas Kecamatan Japah Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Rabu (5/1/2022). 


"Pada siang hari ini alhamdulillah kita bisa melihat Bendungan Randugunting di Kabupaten Blora, Provinsi Jawa Tengah, telah selesai dan bisa dimanfaatkan," ujar Presiden dalam sambutannya seperti disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 5 Januari 2021.


Presiden Jokowi dalam Kunjungan Kerja (Kuker) di Jawa Tengah, didampingi Gubernur Ganjar Pranowo, Menteri PU PR Basuki Hadimoeljono, Sekretaris Kabinet (Menseskab)  Pramono Anung beserta rombongan. Presiden mengatakan, "bendungan Randugunting  dibangun sejak 2018 disebut memiliki kapasitas tampung air sebesar 14,4 juta meter kubik dan bisa mengairi kurang lebih 650 hektar sawah yang berada di Blora, Pati serta Rembang." kata Presdiden. 


"Kita berharap dengan selesainya Waduk Randugunting di Kabupaten Blora ini, ketahanan pangan kita semakin baik, kemandirian pangan kita semakin baik, karena kunci dari ketahanan pangan adalah air, dan air itu akan ada kalau kita memiliki waduk sebanyak-banyaknya," jelas Presiden.


Kepala Negara pada kesempatan tersebut juga mencoba menaiki perahu naga untuk berkeliling waduk. Kepala Negara berharap waduk tersebut bisa menjadi tempat pariwisata yang sangat baik bagi Kabupaten Blora dan masyarakat sekitar.


"Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. Dan dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim Waduk Randugunting di Kabupaten Blora provinsi Jawa Tengah pada siang hari ini saya nyatakan diresmikan," ujar Presiden. 


Kepala Negara juga berharap waduk ini bisa menjadi tempat pariwisata baru di Kabupaten Blora dan sekitarnya.


Adapun, Bendungan Randugunting merupakan bendungan ke-14 yang akan diresmikan Presiden Jokowi dari 15 bendungan yang selesai 2021. 


Sejak 2015 hingga 2020, sebanyak 14 bendungan juga telah selesai dan dioperasikan.


(Puji S)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda