Dishub Kota Palangka Raya Berencana Menambah Satu Layanan Gratis - Liputan Sbm

13 May 2022

Dishub Kota Palangka Raya Berencana Menambah Satu Layanan Gratis





Palangka Raya - Mewujudkan visi misi walikota dan wakil walikota Palangka Raya yakni, "Kota Palangka Raya yang Maju, Rukun, dan Sejahtera Untuk semua”, maka Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya melakukan berbagai inovasi agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat di bidang transportasi. 


Inovasi yang dibangun oleh dishub kota ini diberi nama SI-Lancip  (sistem Layanan citra perhubungan) yaitu sebuah layanan publik gratis yakni terdiri dari layanan digital dan non digital. 


Publikasi dan sosialisasi SI-Lancip ini dilaksanakan di ruang si lancip lantai 2 kantor perhubungan kota Palangka raya jalan soekarno Provinsi Kalimantan Tengah, giat tersebut dihadiri oleh beberapa media online dan cetak juga tv serta dari BEM seluruh Universitas Kota Palangka Raya. Narasumber dari giat acara ini adalah Kepala Dinas Perhubungan Kota Palangka Raya sendiri yakni Alman P Pakpahan, SH.,MH. Kamis, 12 Mei 2022.


Dalam paparan nya. Alman Pakpahan menerangkan, "Maksud dan tujuan dari inovasi SI-Lancip tersebut yakni untuk meningkatkan kualitas struktur transportasi dan sasarannya adalah meningkatnya kualitas pelayanan transportasi," ucapnya.


Pria yang akan menyelesaikan S3 ini juga menjelaskan tentang kinerja pegawai Dishub Kota Palangka Raya sejak dari Tahun 2020 lalu. 


"Tahun 2020 capaian kinerja Dishub Kota Palangka Raya sudah mencapai target, pertama adalah menggusur carut marut parkir depan rumah sakit dan samping palma, serta ditahun yang sama kita juga ikut serta dalam Razia saat PSBB zaman tersebut" Ujarnya. 


Alman juga mengatakan selama tahun 2020 sampai sekarang indeks kepuasan masyarakat atas kinerja Dishub Kota sangat memuaskan dan semakin naik, yakni "Indeks kepuasan masyarakat 2020 (88,0%), di tahun 2021 (88,36%), dan Untuk tahun 2022 ini per 3 bulan  untuk evaluasi kinerja, dengan 1004 responden, 94 % mengatakan puas dengan pelayanan dari dinas Perhubungan Kota Palangka Raya," Paparnya lagi. 


Alman juga berencana menambah satu layanan lagi ditahun ini yakni penyediaan ambulance gratis bagi masyarakat tidak mampu yang ingin mengantarkan keluarganya ke TPU. Hal ini Berawal dari permohonan masyarakat kepada Dishub Kota untuk mengantarkan anggota keluarga nya ke pemakaman umum dikarenakan tidak ada biaya menyewa ambulance, 


"Dishub kota Palangka Raya akan membuat sistem layanan yang baru lagi yaitu mengantar jenazah bagi masyarakat tidak mampu, hal ini dikarenakan pada waktu itu ada masyarakat yang memohon kepada dishub agar bisa mengantar jenazah seorang keluarga pemulung ke pemakaman umum dikarenakan tidak mampu membayar ambulance," Jelas Alman 


" Ambulance sudah ada dan siap digunakan, mudahan dalam waktu dekat sudah dapat direalisasikan, "ungkapnya lagi. 


Untuk diketahui Perhubungan Kota Palangka Raya punya 7 inovasi, dan untuk pelayanan KIR menempati Peringkat 18 nasional, terbaik ke 4 se kalimantan, serta terbaik pertama untuk Provinsi Kalimantan Tengah, dalam hal pelayanan uji terbanyak dan terbaik mencapai akreditasi A, 


Yang tidak kalah menariknya dishub kota Palangka Raya melalui aplikasi Sistem Penataan Parkir atau disebut 'Si Takir' berhasil menghantarkan kota Palangka Raya meraih penghargaan tingkat nasional kategori Inovasi Digital Pelayanan Publik 2022. #liputansbm


Pewarta : Andy Arianto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda