Anggota Komisi VII DPR RI, H. Iwan Kurniawan Gelar Sosialisasi 4 Pilar di Ponpes Hasanka Karanggan - Liputan Sbm

09 August 2022

Anggota Komisi VII DPR RI, H. Iwan Kurniawan Gelar Sosialisasi 4 Pilar di Ponpes Hasanka Karanggan

 

PALANGKA RAYA - Anggota Komisi VII DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Iwan Kurniawan, S.H, M.Si. menggelar sosialisasi 4 Pilar Pancasila, UUD 45, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika dengan para santri dan guru di Pondok Pesantren Karanggan, Selasa (9/8/2022) pagi.

Dalam kesempatan tersebut H. Iwan Kurniawan juga mengatakan bahwa Sosialisasi 4 Pilar ini sangat efektif dengan melibatkan para guru serta para santri karena guru lah yang setiap hari mendidik dan mentransformasi pengetahuan dan kepribadian kepada anak didik.

Selain Itu, dirinya berharap kedepannya para guru dan santri ini terus menempatkan 4 Pilar ini sebagai landasan dalam dunia pendidikan.

Karena menurutnya, selain mengejar mutu pendidikan formal, diperlukan juga mendidik anak-anak sesuai dengan jati diri bangsa.

"Empat pilar yang dimaksud ialah bagaimana kita paham dengan pancasila, paham dengan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, paham dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan paham terhadap Bhinneka Tunggal Ika, empat pilar ini adalah satu kesatuan dalam mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan bersatu," ujar Ketua DPD Gerindra Kalteng ini.

Selain itu, Ketua DPD Gerindra Kalteng ini juga berharap agar peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dapat memahami dan mengerti apa yang disampaikan. Sehingga, mampu pula menjelaskan dan menanamkam Empat Pilar Kebangsaan ini sejak dini, minimal lingkungan terdekat dalam kehidupan sehari-hari guna menanamkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air yang menjadi modal dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Menurutnya hal itu wajib dilakukan guna meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berkehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat khususnya di sekolah.

"Hari ini kita bertemu dengan warga Pondok Pesantren Hasanka. Saya yakin, nilai-nilai Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Undang-undang Dasar 1945 dan Bhinneka Tunggal Ika sudah ada didalam diri setiap orang yang hadir saat ini," ungkapnya ketika dibincangi oleh media ini.

Dirinya juga menyampaikan bahwa Empat Pilar sendiri bisa dijadikan pegangan oleh setiap warga Indonesia untuk menjaga agar tidak ada nilai-nilai yang menyimpang yang masuk dan diterima oleh setiap orang.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda