Pasar Ramadhan Hapakat Itah Berkat Resmi Dibuka - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

23 March 2023

Pasar Ramadhan Hapakat Itah Berkat Resmi Dibuka



PALANGKA RAYA - Pasar Ramadhan Hapakat Itah Berkat yang berlokasi di halaman Masjid Raya Darussalam jalan G. Obos Palangka Raya resmi dibuka, Kamis (23/3/2023).

Ketua Umum DAD Kalteng, H. Agustiar Sabran yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua Harian DAD Kalteng, Andrie Elia dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya Pasar Ramadhan diharapkan dapat memberikan keberkahan bagi semuanya.

"Tentunya dengan momentum bulan Ramadhan 1444 H ini, dapat lebih mempererat toleransi di Kalteng. Serta menguatkan nilai-nilai Falsafah Huma Betang, dalam rangka membangun Kalteng menjadi semakin berkah," katanya.

Lanjutnya, saling mempererat toleransi dapat menjadi bukti bahwa semua elemen masyarakat di Provinsi Kalteng dapat bersatu. Oleh karenanya hal tersebut dapat terus dipertahankan kapan perlu ditingkatkan.

Sementara itu, mewakili Pemprov Kalteng Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda Provinsi Kalteng, H. Katma F. Dirun dalam sambutannya mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa 1444 H bagi masyarakat Kalteng.

"Mari kita selalu menjaga toleransi ditengah keberagaman yang ada sehingga silaturahmi dapat terjaga dengan baik. Kalteng bumi tambun Bungai dan bumi Pancasila dapat terus dipertahankan," tutur Katma.

Tentu pihaknya memberikan apresiasi dan terima kasih kepada para stakeholder. Serta pasar Ramadhan ini diharapkan dapat membawa berkah kepada para pelaku UMKM khususnya yang menggelar lapak di area Masjid Darussalam. 

Kemudian Ketua MUI Provinsi Kalteng, Profesor H. Khairil Anwar Ekonomi dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan menyampaikan bahwa lingkungan Masjid tentunya dapat dikembangkan, selain itu masjid tidak hanya membahas peribadatan tapi juga membahas perekonomian. 

"Bersama kita berkah, bulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan. Selain itu pada Bulan Ramadhan, sebagai salah satu contoh kecil ada kuliner-kuliner yang biasanya banyak makanan khas jika dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya," ucapnya.

Lanjutnya, ini adalah upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar masjid, juga sebelum Pandemi sempat direncanakan untuk mengelola komplek Masjid Raya Darussalam. Hanya saja pada Tahun 2023 ini baru terealisasi 

"Harapannya UMKM-UMKM yang ada ini dapat berkembang pasca Pandemi covid-19. Ada sekitar 75 UMKM yang meramaikan Pasar Ramadhan Kapakat Itah Berkah," demikian Khairil.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda