PUPR Sukamara Utamakan Lebar dan Fungsional Jalan | Liputan SBM - Liputan Sbm

07 November 2018

PUPR Sukamara Utamakan Lebar dan Fungsional Jalan | Liputan SBM

Sukamara -Ruas jalan Pantai Lunci ke Kuala Jelai dan ruas jalan lainnya di wilayah Kabupaten Sukamara, bisa saja ditingkatkan dengan pengaspalan sejak dulu dan bisa diprediksikan ruas ini sudah beraspal pada akhir tahun ini.Namun kami bukan mengutamakan pengaspalan dulu melainkan lebih kepada mengejar lebar ruas jalan dan fungsional jalan terlebih dahulu, demikian tegas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sukamara, Ir. H. Kantet Sri Waluyo, MM melalui Kepala Bidang Bina Marga (Kabid BM) Chandra Fuji Asmara, ST, M,Eng, pada Rabu (7/11/2018).

Dirinya kembali menegaskan, lebar jalan dan fungsional pada ruas jalan dibeberapa titik ini menjadi target kami selama ini, bukan mendahulukan pengaspalan dengan ruas jalan yang sempit.

Kita bersama bisa lihat diruas jalan Lunci ke arah Jelai, Desa Bangun Jaya dari arah bundaran Kecamatan Balai Riam, begitu juga ruas jalan Desa Natai Kondang menuju Desa Semantun lanjut ke Desa Sembikuan dan juga Desa Nibung Terjun serta ruas jalan Pangkalan Muntai, Sarang lanjut ke Desa Jihing, maksimal sudah lebar semua, dengan ukuran lebar body ruas jalan 14 meter.

"Lebih baik ruas jalan lebar dan fungsional dulu, nanti baru ada pengaspalan dari pada jalan sempit diaspal. Ketika body jalannya lebar dan fungsional, ketika ingin mengaspal bisa saja kita minta pengajuan dengan berbagai pertimbangan tentunya baik ke PUPR Prov Kalteng atau juga ke Kementerian PURI dengan logika berpikirnya pola dana shering sehingga dana yang ada di kabupaten bisa di gunakan untuk ruas jalan yang lainnya," ucapnya panjang lebar.

Pria lulusan Universitas Palangka Raya ini kembali menjelaskan, yang masih perlu pelebaran ruas jalan hanya ada diruas Sukamara menuju Kartamulia yang mana daerah rawa tersisa ratusan meter saja dari siring terkahir dikerjakan pelebaran dan pengaspalan tahun anggaran 2018.

"Semoga siring, pelebaran dengan timbunan serta pengaspalannya sekaligus tahun anggaran 2019 bisa terselesaikan, untuk diketahui ruas jalan Sukamara ke Kartamulia juga berkisar 14 meter lebarnya untuk pengaspalan baru 6 meter lebarnya dan kedepan kiri dan kanan bisa dilebarkan maksimal sekaligus sehingga ruas jalan yang merupakan pintu masuk ke Kota Sukamara sudah bisa jauh lebih baik lagi, dari kondisi yang ada pada saat ini," chandra mengakhiri obrolannya.

Dari data yang didapatkan Media SBM Korwil Sukamara, Lamandau dan Kobar perbulan Agustus 2018, total panjang jalan di wilayah Sukamara adalah 581,525 KM dan beraspal sepanjang 180,850 KM dengan persentase panjang tiap jenis permukaan ruas jalan 31,099%. (eko/red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda