Wisata Gua Limbuhang Haliau Kalsel, Pesona Dan Mistis - Liputan Sbm

30 August 2020

Wisata Gua Limbuhang Haliau Kalsel, Pesona Dan Mistis


BARABAI - Satu lagi destinasi wisata yang menawarkan pesona keindahan alami, Gua Limbuhang Haliau berada di Kayu Rabah Kecamatan Batu Benawa Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). (30/8/20)


Terbentuk dari alam Gua Limbuhang Haliau dimanfaatkan warga sebagai wadah untuk menarik wisatawan berkunjung, dengan warna air yang biru membuat pengunjung betah berlama-lama di sana.


Destinasi wisata ini, bisa dicapai wisatawan dengan berkendara dari pusat Kota Barabai selama 15 menit atau 10 kilometer, dilanjutkan masuk ke lokasi Gua Limbuhang Haliau, pengunjung diwajib membayar kisaran Rp 5 ribu per orang.


Baca juga : Daya Tarik Taman Nasional Sabangau


Pesona Gua Limbuhang Haliau

Mencapai lokasi gua, pengunjung harus turun menggunakan tangga yang dibuat dari kayu dengan ketinggian mencapai 20 meter dari permukaan air danau.


Gua Limbuhang Haliau memiliki danau di tengahnya, hal ini menjadi primadona dalam beberapa bulan terakhir, tapi siapapun yang hendak berenang tidak diperbolehkan dengan alasan, kedalaman air gua mencapai 30 meter.


Pengelola Gua Rosyadi membeberkan, jika pihaknya menyiasati kemarau dengan membuat bendungan, bendungan ini yang mampu menahan air.


"Kami berharap wisata Gua Limbuhang Haliau ini bisa menjadi pilihan wisatawan," harapnya.


Baca juga : Wisata Air Hitam Kota Palangka Raya Akan Kembali Dibuka


Mistis Gua Limbuhang Haliau

Tak hanya menghadirkan wisata gua bentukan alam, Gua Limbuhang Haliau juga menawarkan hal mistis yang menyelimutinya dan bahkan, pengelola dan pengunjung percaya jika di Gua Limbuhang Haliau ada penghuni dari alam gaibnya.


Pengelola Wisata Gua Limbuhang Haliau, Rosyadi biasa dipanggil Adi menuturkan,"banyak yang percaya jika mencuci muka di danau ini wajah bisa berseri dan enak dipandang," ucapnya.


Bahkan, menurut adi, bagi orang yang mempunyai penglihatan mata batin, orang tersebut akan melihat dan merasakan kehadiran makhluk penghuni gua. #LiputanSbm.



Editorial : Daerobi

Foto : Teman

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda