Gubernur Kalimantan Tengah Gelar Raker Kades Tahun 2020 - Liputan Sbm

18 September 2020

Gubernur Kalimantan Tengah Gelar Raker Kades Tahun 2020




PALANGKA RAYA - Untuk mensinergikan arah kebijakan Pemerintah Pusat dengan daerah, Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, gelar Rapat Kerja (Raker) Bersama Kepala Desa se Kalteng. 


Rapat Kerja Penyelenggaraan Pemerintah Desa Se Kalimantan Tengah Tahun 2020, Bertajuk “Dengan Raker Kades, Mari Kita Wujudkan Desa Mandiri yang Sejahtera Menuju Kalteng Berkah”. 


Gubernur mengharapkan dengan raker ini pembangunan di desa sesuai prioritas kebutuhan masyarakat setempat, di Aula Jayang Tingang Lt III Kantor Gubernur Kalteng. Kamis, (17/09/2020).


Baca juga: Gubernur Kalteng Salurkan Bantuan Sosial Ke 112.429 KK


Dalam sambutannya Gubernur menyampaikan, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pembinaan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng bagi Kepala Desa dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa guna mensinergikan arah kebijakan Pemerintah Pusat, Daerah dan Desa sebagai ujung tombak Pemerintahan yang diberikan sebagian kewenangan untuk merencanakan dan melaksanakan pembangunan di desa sesuai prioritas kebutuhan masyarakatnya.


“berdasarkan laporan secara intens dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Prov Kalteng maupun secara teknis melalui Kepala Dinas PMD Prov Kalteng, terkait penyaluran Dana Desa (DD) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) DD yang telah dianggarkan oleh Pemerintah Desa yang sudah dilaksanakan selama 2 (dua) Periode yaitu dari bulan April sampai dengan Juni serta Agustus sampai dengan September,” ucapnya.


Lebih lanjut dijelaskan orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini, Dana Desa untuk Prov Kalteng Tahun 2020 sebesar ± Rp 1,3 T, dengan Pencairan ke Rekening Kas Desa sebesar ±Rp 940M dan Belanja untuk Penanganan Covid sebesar ± Rp 33 M.


Kebijakan tersebut merupakan solusi yang diamanatkan Pemerintah Pusat untuk menjamin perlindungan sosial masyarakat demi menjaga daya beli masyarakat untuk menyokong stabilitas ekonomi disamping bantuan lainnya yang telah diberikan. 


Penulis: Daerobi | Foto: Pihak ketiga | LiputanSbm.com


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda