MENGATASI BAN TUBELESS BOCOR PADA BAGIAN PELEK - Liputan Sbm

11 September 2020

MENGATASI BAN TUBELESS BOCOR PADA BAGIAN PELEK




LiputanSbm.com - Seringkali kehabisan udara pada ban kendaraan kita, sangatlah merepotkan kita. Ditambah lagi setelah tau ban tidak dalam keadaan bocor.


Keadan ini bisa disebabkan oleh adanya rongga di antara sisi ban ke pelek yang tidak rapat, berlaku pada ban tubeless.


Untuk mengatasi hal ini bengkel tambal ban Kali Amandit di bilangan jalan Tjilik riwut Km 7, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, punya solusinya. (7/9/20)


Berikut penjelasan lengkap.


Pertama-tama pastikan ban tidak dalam keadaan bocor, untuk memastikannya lakukan pengecekan antara sisi ban yang menempel ke pelek.


Caranya rebahkan pelek yang telah dilepaskan dari baut roda, kemudian siramkan air di sisi tersebut, lihat apakah ada gelembung udara yang keluar atau tidak.


Baca Juga : Aki Mobil Agar Awet, Tidak Merusak Komponen didalamnya 


Pada prinsipnya udara dalam ban harus bersifat tetap, jangan sampai ada rongga sekecil apapun yang menyebabkan udara keluar dari ban.


Setelah dipastikan bocornya berada pada tempat tersebut, barulah udara didalam ban kita buang habis.


Untuk menghemat waktu, bersihkan sisi dalam pelek dari debu dan kotoran menggunakan kompresor. Guna pembersihan ini supaya ketika dimasukkan udara, sisi-sisi ban menutup dengan sempurna tanpa ada kotoran sekecil apapun yang menyebabkan rongga kecil antara ban dan pelek.


Terkadang kebocoran ini disebabkan oleh adanya kotoran yang tidak dibersihkan. Dalam banyak kasus ditemukan juga kebocoran disebabkan, karena cat atau chrome pelapis pelek sudah rusak. Cara mengatasi bocor ban kali ini tidak bisa diterapkan dalam kasus pelek benjol atau rusak.


Baca juga : Mau Dashboard Mobil Tidak kusam? Coba Cara Ini 


Setelah dipastikan pelek bersih dari kotoran, kita oleskan sisi pelek dengan Gemuk, olesi dengan rata pada kedua sisi lingkarannya.


Setelah selesai mulai memasukkan kembali udara ke dalam ban sampai sesuai ukuran, cek kembali rongga yang bocor seperti cara awal menggunakan air.


Biasanya akan masih ada rongga kecil, namun tidak perlu khawatir, cukup pukul bagian luar ban menggunakan palu. Gunanya supaya ban terdorong sempurna menekan pelek, apabila sudah tidak ada gelembung lagi berarti pori-pori berhasil ditutup.


Demikian tips kali ini semoga bermanfaat, ingat cara ini hanya untuk ban tubeless, dan pelek tidak dalam keadaan rusak berat.


Ikuti OtoPky Lain disini.


Penulis: Daerobi | liputansbm.com


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda