PAD Kalteng Capai 1,2 Triliun di Tahun 2020 - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

23 September 2020

PAD Kalteng Capai 1,2 Triliun di Tahun 2020








PALANGKA RAYA - Pemprov Kalteng dalam meningkatkan PAD melalui sektor royalty pertambangan, mengalami peningkatan. Yang tadinya target nasional sebesar Rp987 Miliar, Saat ini Capai Rp1,2 Triliun artinya mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Dikatakan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, usai kegiatan di Aula Jayang Tingang (AJT), kantor Pemprov, Senin (22/9/2020) lalu. (23/9/20).

“Upaya Pemprov Kalteng terus melakukan monitoring dan pemantauan terhadap aktifitas pertambangan. Alhamdulillah, berkat doa dan dukungan dari masyarakat serta kerja keras Dinas ESDM juga, dari target Rp.987 miliar, saat ini akhir Agustus 2020, sudah mencapai Rp.1,2 Triliun. Mudah mudahan sampai ahir tahun nanti bisa mencapai Rp.2 Triliun“ katanya.

Baca juga : Gubernur Kalimantan Tengah Gelar Raker Kades Tahun 2020 

Lebih lanjut Sugianto menerangkan, mulai dia menjabat tahun 2016, royalty mulai terus naik pada tahun 2017, 2018, hingga 2019, yang juga meningkatkan APBD Provinsi, Kabupaten/Kota, sehingga hal itu dapat menjadi energi dalam membangun Kalteng. Baik program pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan juga membantu masyarakat lainya.

“Ini upaya Pemprov Kalteng dalam meningkatkan kesejahtraan masyarakat, meningkatnya juga APBD Kalteng, Kabupaten/Kota, yang dalam hal ini dapat dialokasikan untik program kesehatan gratis, pendidikan gratis sampai infrastruktur dan membantu masuarakat lainya" ucapnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas ESDM Provinsi Ermal Subhan menjelaskan, dalam situasi covid-19 secara perlahan peningkatan dalam aktifitas pertambangan mulai membaik, sehingga pihak perusahaan memenuhi dalam kewajibanya.

“Imbas covid-19 ini juga berdampak, namun pelan pelan aktifitas mulai membaik sehingga memenuhi kewajiban di sektor pertambangan yang kemudian menjadikan target melebihi sekala nasional. Ini upaya pemerintah dalam meningkatkan PAD" pungkasnya. (red)


Editorial: Daerobi | Liputansbm.com

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda