Terkait ODOL, Dishub Kalteng Laksanakan Penertiban di Kabupaten Kobar - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

11 November 2021

Terkait ODOL, Dishub Kalteng Laksanakan Penertiban di Kabupaten Kobar




Kalteng - Masih banyaknya truk angkutan barang yang melebihi dimensi dan muatan yang melewati jalan negara di Provinsi Kalimantan Tengah, yang akhirnya Pemerintah Provinsi melalui Dinas Perhubungan melakukan penindakan. 


Tim Terpadu Penegakan penertiban Angkutan ODOL tersebut terdiri dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalteng, Dishub Kotawaringin Barat, DenPOM, Satlantas Polres Kotawaringin Barat dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XVI Provinsi Kalimantan Tengah. Kegiatan terpadu penertiban Angkutan ODOL tersebut dilaksanakan di simpang PT. Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Ruas Jalan Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama, Kabupaten Kobar (Kotawaringin Barat) pada Senin, (08/11).


Menurut Plt. Kadishub Prov. Kalteng Yulindra Dedy, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penegakkan hukum pelanggaran lalu lintas untuk angkutan barang yang didasarkan pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Selain itu kegiatan ini juga dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Gubernur Kalimantan Tengah Nomor 551.2/52/DISHUB tentang Pengawasan Terhadap Mobil Barang Atas Pelanggaran Muatan Lebih (Overloading) dan/atau Pelanggaran Ukuran Lebih (Over Dimension).


Kegiatan ini juga didasarkan pada hasil temuan lapangan dari pengawasan dan pendataan oleh Tim Terpadu khususnya pada Ruas Jalan H. Achmad Saleh (Pangkalan Bun-Kotawaringin Lama) yang terdapat beberapa pelanggaran terhadap kendaraan pengangkut hasil tambang, perkebunan dan kehutanan. Pelanggaran tersebut yakni, pelanggaran angkutan barang terhadap Masa Sumbu Terberat (MST) jalan kelas III sebesar 24%, pelanggaran terhadap masa berlaku uji berkala kendaraan angkutan barang sebesar 33% yaitu sebanyak 113 kendaraan, dan pelanggaran terhadap kelaikjalanan kendaraan karena tidak memiliki bukti lulus uji berkala sebesar 12% yaitu sebanyak 42 kendaraan.


"Ditemukan juga bukti lulus uji berkala palsu dan kelalaian membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar 1% yaitu sebanyak 1 dan 5 kendaraan," tutup Plt. Kadishub Prov. Kalteng. #liputansbm


Sumber : MNC Kalteng


Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda