DKP Kalteng Gelar Lomba Kreasi Pangan Lokal - Liputan Sbm

20 September 2022

DKP Kalteng Gelar Lomba Kreasi Pangan Lokal





PALANGKA RAYA - Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan Lomba Kreasi Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2022, Selasa (20/9/2022).

Lomba tersebut dibuka langsung oleh Ketua TP-PKK Provinsi Kalteng, Ny. Yulistra Ivo Azhari yang dalam hal ini diwakili oleh Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga PAUD Provinsi Kalteng Hj. Nunu Adriani Edy Protowo.

Dalam sambutannya pada kegiatan tersebut Ketua I Bidang Pembinaan Karakter Keluarga PAUD Provinsi Kalteng Hj. Nunu Adriani Edy Protowo mengatakan bahwa guna memotivasi masyarakat agar mau mengkonsumsi makanan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA) berbasis sumber daya lokal sesuai dengan program Gubernur yaitu "Kalteng Berakhlak Penuh Dengan Keberkahan" setiap unit kerja yang terkait dengan ketahanan pangan dan kelompok mayarakat perlu melakukan sosialisasi maupun gerakan secara terus-menerus untuk dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan, serta mengubah pola konsumsi pangan masyarakat menuju terwujudnya "Kalteng Semakin Berkah".

"Saya berharap kepada kabupaten/kota untuk membuat kesepakatan agar kegiatan ini dapat berkesinambungan dan turut berpartisipasi untuk mengikuti Lomba Kreasi Pangan Lokal Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2022 dan nantinya bagi pemenang akan mewakili Provinsi Kalimantan Tengah pada Tingkat Nasional," katanya.

Sementara itu, Kepala DKP Kalteng, Riza Rahmadi ketika dibincangi oleh sejumlah media usai kegiatan tersebut mengatakan bahwa tujuan dari diselenggarakannya Lomba Cipta Menu B2SA Berbasis Sumber Daya Lokal adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA). Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam penerapan prinsip B2SA.

"Sebenarnya lomba ini sudah vakum selama dua tahun dikarenakan covid-19 dan dengan sudah melandainya kasus covid kita baru bisa melaksanakan lomba ini, saya berharap kegiatan ini nantinya bisa disosialisasikan oleh rekan-rekan Dinas Ketahanan Pangan di Kabupaten dan rekan TP-PKK agar potensi pangan lokal kita bisa lebih baik lagi," ujar Riza.

Selain itu, Riza berharap dengan dilaksanakan lomba tersebut kedepannya diharapkan dapat mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam mengembangkan/menciptakan menu B2SA berbasis sumber daya lokal.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda