Belajar Bersama di Museum Balanga, Disbudpar Kalteng Ajak Generasi Muda Cintai Budaya - Liputan Sbm

20 September 2022

Belajar Bersama di Museum Balanga, Disbudpar Kalteng Ajak Generasi Muda Cintai Budaya




PALANGKA RAYA - Dalam rangka meningkatkan minat generasi muda untuk lebih mencintai Budayanya sendiri. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui UPT Museum Balanga, Palangka Raya menggelar Kegiatan Belajar Bersama. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Pertemuan komplek UPT Museum Balanga, Jalan Cilik Riwut Km. 8,5 Palangka Raya pada Selasa (20/9/2022).

Kepala Disbudpar Provinsi Kalteng, Adiah Chandra Sari ketika dibincangi oleh sejumlah media menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan tersebut, tentu diharapkan para generasi muda dapat mencintai budaya sendiri khususnya di Provinsi Kalteng. 

"Sehingga dengan mencintai budaya nantinya para generasi muda ini, akan lebih mencintai bangsa dan negara," ucap Adiah. 

Dikatakan Adiah bahwa para peserta yang notabene nya adalah pelajar Sekolah Menengah Atas tersebut nantinya akan belajar dilingkungan Museum Balanga dan secara bergantian sesuai jadwalnya masing-masing. 

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Yuas Elko saat diwawancarai mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat positif karena menambah wawasan dan pengetahuan siswa. 

"Karena para siswa nanti kan secara bertahap akan belajar di museum Balanga, untuk mengenal budaya daerah khususnya di Kalimantan Tengah. Sehingga tahu asal usulnya dan lebih mencintai budaya sendiri," ucap Yuas.

Menurutnya, budaya daerah juga merupakan bagian dari budaya bangsa Indonesia sehingga, wajib untuk generasi muda mencintai budayanya sepanjang masa. 

"Yang paling penting adalah generasi muda dapat mempublikasikannya secara digital, agar nantinya budaya daerah dapat dikenal," demikian Yuas.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda