Pemprov Bersama Korem 102/Panju Panjung Laksanakan Penanaman Pohon - Liputan Sbm

29 September 2022

Pemprov Bersama Korem 102/Panju Panjung Laksanakan Penanaman Pohon




PALANGKA RAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama dengan Korem 102/Panju Panjung melaksanakan kegiatan penanaman pohon bersama di Kota Palangka Raya dalam rangka HUT TNI Ke-77. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman UPT Taman Budaya Komplek Pameran Temanggung Tilung, Palangka Raya, Kamis (29/9/2022) pagi.

Mewakili Pemprov Kalteng, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Herson B. Aden dalam sambutannya pada kegiatan tersebut menyampaikan bahwa isu tentang lingkungan yang saat ini menjadi perhatian seluruh negara-negara di dunia adalah terjadinya perubahan iklim yang cukup mengkhawatirkan dan timbulnya pemanasan global. 

"Dampak yang mulai jelas kita rasakan adalah semakin panjangnya musim kemarau dan semakin pendeknya musim hujan, begitu juga terjadinya peningkatan suhu permukaan bumi," ujarnya.

Indonesia sebagai salah satu negara yang sangat mendukung adanya usaha untuk memperbaiki kondisi iklim dan mengatasi pemanasan global, sangat memerlukan adanya komitmen dari seluruh komponen bangsa yang ada.

"Pemerintah provinsi Kalimantan Tengah sebagai bagian dari komponen bangsa yang peduli dengan kondisi tersebut, telah melakukan berbagai langkah nyata, diantaranya dengan menjadikan rehabilitasi lahan sebagai salah satu visi dalam menjaga kelestarian sumber daya lingkungan yang ada sebagaimana tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026. Hal ini juga menjadi satu bagian, untuk mendukung tercapainya Kalimantan Tengah menjadi provinsi yang" SEMAKIN BERKAH," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakannya bahwa pada kegiatan menanam bersama yang dilakukan Pemprov Kalteng bekerja sama dengan Korem 102/Panju Panjung, tidak akan berhenti pada kegiatan seremoni menanam bersama ini saja, namun ini merupakan salah satu langkah awal untuk bisa bersinergi dalam mendukung usaha peningkatan tutupan lahan sebagai bagian dari mengurangi dampak perubahan iklim dan juga meningkatkan daya dukung lingkungan yang ada.

"Semoga dengan pelaksanaan program ini, diharapkan tidak hanya mendukung visi Gubernur dan Wakil Gubernur, namun diharapkan juga secara nasional dapat mendukung upaya perbaikan lingkungan dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat untuk mau menanam pohon.

Sementara itu, Komandan Korem 102/Panju Panjung, Brigadir Jenderal TNI Yudianto Putrajaya, S.E., M.M dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa sejalan dengan tema HUT ke-77 TNI tahun 2022, "TNI Adalah Kita, maka penanaman pohon bersama ini dilaksanakan dengan melibatkan TNI, Polri, ASN dan elemen masyarakat lainnya, sebagai wujud pengokohan TNI adalah Kita.

"Mari kita bersinergi dalam Satu Frekuensi  untuk menjaga kelestarian lingkungan," tegasnya.

Selain itu, dikatakannya bahwa kegiatan penanaman pohon yang dilakukan ini, juga bertujuan untuk mengurangi dampak pemanasan global, meningkatkan absorbsi gas CO2, SO2 dan polutan lainnya, serta untuk mencegah banjir, kekeringan dan tanah longsor serta meningkatkan upaya konservasi sumber daya genetik tanaman hutan.

"Selanjutnya jangan lupa, selesai kegiatan penanaman pohon ini, agar terus diupayakan pengelolaan dan pemeliharaannya dengan melibatkan masyarakat setempat, sehingga apa yang dikerjakan hari ini, hasilnya akan bermanfaat dan dinikmati oleh generasi mendatang," demikian Putrajaya.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda