Festival Palangka Raya 2024: Warisan Budaya Dapat Mendorong Perekonomian Daerah - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

23 April 2024

Festival Palangka Raya 2024: Warisan Budaya Dapat Mendorong Perekonomian Daerah



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga, menggelar Festival Palangka Raya 2024, sebuah acara yang ditujukan untuk melestarikan warisan budaya dan mendorong perekonomian lokal. Selasa, 23/04/2024.

Adapun Pembukaan Festival Palangka Raya ini berlangsung di Halaman Kantor Walikota Palangka Raya, Jalan Tjilik Riwut Km 5,5, dengan acara berlangsung dari 23 hingga 25 April 2024.

Festival ini dibuka oleh Asisten 3 Setda Kota Palangka Raya, Alman Pakpahan, yang mewakili Pj Walikota Hera Nugrahayu. Acara ini diikuti oleh lima kecamatan di Kota Palangka Raya dan menawarkan berbagai pertunjukan seni, lomba, dan kegiatan budaya lainnya. 

Dalam sambutan Pj Walikota yang dibacakan oleh Alman Pakpahan, diungkapkan bahwa tujuan utama dari festival ini adalah untuk mempertahankan nilai-nilai seni budaya tradisional dan mendorong pertumbuhan budaya di era digitalisasi.

"Pelestarian budaya adalah untuk mempertahankan nilai-nilai seni budaya tradisional dalam suatu tradisi. Ini dapat dilakukan dengan mengembangkan pertunjukan yang dinamis, luwes, dan selektif," ujar Alman.

Dia juga menekankan pentingnya mendorong dan mempromosikan acara-acara yang mengangkat seni dan budaya lokal, mengingat betapa pentingnya peran budaya dalam membentuk identitas suatu daerah.

Alman juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Palangka Raya memiliki tanggung jawab besar dalam melestarikan budaya lokal. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menggelar acara festival budaya seperti ini, yang menjadi  dorongan kepada masyarakat untuk memaksimalkan seni dan budaya lokal, serta pemberdayaan dan pelestariannya.

"Festival Budaya Palangka Raya adalah sebuah event tahunan yang memberikan motivasi dalam rangka program pengembangan kebudayaan dan menjadi salah satu sarana komunikasi yang dapat digunakan untuk melestarikan budaya," tambahnya.

Lebih lanjut, Alman menyampaikan bahwa festival budaya ini juga memiliki peran penting dalam menumbuhkembangkan masyarakat dan dunia usaha, serta diharapkan dapat membantu roda perekonomian daerah, khususnya di bidang kebudayaan dan ekonomi kreatif. 

Selain itu, festival ini juga dapat menjadi media edukasi dan sarana untuk menunjang kebudayaan dan pariwisata di Kota Palangka Raya.

"Festival ini selain untuk melestarikan seni budaya dan edukasi, tetapi juga bisa menjadi sarana memperkuat persatuan dan tali silaturahmi serta menjadi ajang untuk mempromosikan seni budaya dan pariwisata di Kota cantik Palangka Raya," pungkas Alman.

Alman juga meminta para camat dan lurah untuk hadir dan menyemangati serta mendampingi kontingennya selama pertandingan atau perlombaan yang diadakan di Festival Palangka Raya 2024 ini. 

Dengan keterlibatan pemerintah dan masyarakat, diharapkan festival ini akan menjadi sukses besar dan memberikan dampak positif bagi kota Palangka Raya dan sekitarnya.

Pewarta: Andy Ariyanto 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda