Pagelaran Seni Budaya Kalimantan Tengah Sambut Hari Tari Sedunia 2024 - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

22 April 2024

Pagelaran Seni Budaya Kalimantan Tengah Sambut Hari Tari Sedunia 2024



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Dalam rangka menyambut Hari Tari Sedunia yang jatuh pada 29 April, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah melalui UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah menggelar pagelaran Seni dan Budaya di panggung Teater Terbuka Taman Budaya, Jalan Temanggung Tilung XIII, Kota Palangka Raya. Senin, 22/04/2024

Acara yang berlangsung pada Senin ini dimeriahkan oleh berbagai kelompok seni, seperti SSB Ruai Bahalap Taheta, SSB Bawi Bahalap, SSB Karau Janang, SSB Marajaki, GXDC, Underdog, dan Kinyah Tunggal.

Kepala UPT Taman Budaya Kalimantan Tengah, Wildae D. Binti, yang mewakili Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sari, menyatakan bahwa pagelaran ini bertujuan untuk melestarikan dan mencintai seni budaya khas Kalimantan Tengah.

 "Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang datang menyaksikan acara ini," ucap Wildae.

Ia juga menambahkan bahwa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, melalui UPT Taman Budaya, akan menggelar dua event untuk menyambut Hari Tari Sedunia ini. 

"Acara hari ini adalah pembukaan, dan puncaknya akan dilaksanakan pada 25 April 2024 nanti," jelas Wildae.

Pagelaran ini disambut dengan antusias oleh masyarakat sekitar. Beragam pertunjukan tari tradisional dan modern disajikan, menampilkan kekayaan seni budaya Kalimantan Tengah. Melalui acara ini, diharapkan masyarakat semakin mencintai dan melestarikan seni dan budaya lokal.

Pagelaran Seni dan Budaya ini juga diharapkan menjadi momentum untuk meningkatkan apresiasi terhadap seni tari dan mempererat tali persaudaraan di antara masyarakat. 

Dengan semangat kebersamaan dan cinta terhadap seni, Hari Tari Sedunia menjadi ajang perayaan budaya yang menyatukan berbagai kalangan dan generasi.

Untuk diketahui Hari Tari Sedunia, atau International Dance Day, diperingati setiap tanggal 29 April untuk memperingati kelahiran pembuat tari balet modern, Jean-Georges Noverre. 

UNESCO berperan penting dalam penetapan tanggal tersebut untuk menyatukan orang-orang dari berbagai belahan dunia melalui bahasa universal, yakni tarian.

Pewarta: Andy Ariyanto 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda