Pemkot Palangka Raya Sosialisasikan UKS untuk Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Sekolah - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

09 May 2024

Pemkot Palangka Raya Sosialisasikan UKS untuk Tingkatkan Kesadaran Kesehatan Sekolah



LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya – Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) mengadakan sosialisasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di Aula Kelurahan Kameloh Baru, Kecamatan Sabangau. 

Acara ini dihadiri oleh siswa-siswi dari SDN 1 dan SMP Satu Atap 3 Kameloh Baru serta berbagai pihak terkait, termasuk para guru dan pejabat daerah.

Dikutip dari Media Center Palangka Raya, Kepala Bagian Kesra Kota Palangka Raya, Ida Sutiana, mengatakan bahwa sosialisasi ini merupakan bentuk komitmen Pemkot Palangka Raya dalam mendukung program kesehatan di lingkungan sekolah. 

Ia menjelaskan bahwa UKS memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran tentang kesehatan di kalangan siswa-siswi. Rabu (08/05/2024). 

"UKS bukan hanya tanggung jawab sekolah, melainkan juga seluruh komponen masyarakat dalam menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan nyaman," kata Ida. 

Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya partisipasi aktif dari seluruh pihak untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih sehat dan berbudaya bagi generasi masa depan Kota Palangka Raya.

Dalam sosialisasi ini, para peserta diberikan pemahaman tentang konsep UKS dan peranannya dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungan. 

Materi-materi yang disampaikan mencakup berbagai aspek kesehatan, seperti pola makan sehat, kebersihan diri, dan pentingnya olahraga secara teratur. 

Selain itu, para peserta didorong untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan UKS di sekolah masing-masing.

Ida berharap, dengan diadakannya sosialisasi ini, semakin banyak siswa-siswi yang memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan. 

Ia juga berharap mereka dapat menjadi agen perubahan positif dalam lingkungan sekolah dan masyarakat.

"Dengan terselenggaranya sosialisasi UKS ini, diharapkan semakin banyak siswa-siswi yang memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan, serta dapat menjadi agen perubahan yang positif dalam lingkungan sekolah dan masyarakat," tutupnya.

Acara sosialisasi UKS ini merupakan bagian dari upaya Pemkot Palangka Raya untuk menciptakan generasi muda yang sehat dan memiliki budaya hidup sehat, serta dapat menjadi contoh bagi komunitas sekitar mereka.

Pewarta: Andy Ariyanto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda