Pemprov Kalteng Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

05 June 2024

Pemprov Kalteng Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di halaman kantor DLH Kalteng.
PALANGKA RAYA, LIPUTANSBM.COM - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024 di halaman kantor DLH setempat, Rabu (5/6/2024).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, Nuryakin, bertindak sebagai inspektur upacara mewakili Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran.

Dalam sambutannya yang membacakan pesan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Sekda Kalteng menyampaikan bahwa tema dari United Nations Environment Programme (UNEP) untuk Hari Lingkungan Hidup 2024 adalah pemulihan lahan, pengendalian desertifikasi, dan ketahanan terhadap kekeringan.

Pada kesempatan tersebut, Sekda juga memaparkan capaian Kementerian Lingkungan Hidup hingga saat ini. Ia menyampaikan ucapan terima kasih, apresiasi, dan penghargaan yang tinggi atas kerja keras seluruh elemen bangsa, termasuk masyarakat, kelompok komunitas, aktivis, dunia usaha, tokoh perempuan, generasi muda, green leaders, akademisi, jurnalis, serta jajaran birokrasi di daerah dan di lapangan.

"Terima kasih juga kepada para pemimpin politik dan pengambil kebijakan di tingkat nasional dan daerah," ujar Nuryakin.

Sekda menambahkan bahwa peringatan Hari Lingkungan Hidup 2024 ini adalah momen penting untuk terus menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran serta kepedulian terhadap upaya memperbaiki lingkungan secara berkelanjutan.

"Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2024. Semoga Allah SWT meridhoi semua upaya dan langkah kita dalam menjaga dan melestarikan lingkungan Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalteng, Joni Harta, menambahkan bahwa tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diusung oleh Indonesia adalah "Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Prinsip Keadilan."

"Tema ini menjadi pengingat dan ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus dilakukan dengan inovasi, secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, serta mengedepankan prinsip keadilan dan inklusivitas," jelasnya.

Joni menjelaskan bahwa tujuan dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Kalteng adalah untuk meningkatkan peran berbagai pihak, khususnya ASN lingkup Pemprov Kalteng, ASN pada UPT KLHK, organisasi masyarakat, dan perusahaan dalam upaya mengelola dan melindungi lingkungan.

"Dengan sadar hidup ramah lingkungan, gerakan hidup sehat, serta menjaga bumi dengan mengurangi sampah plastik dan melestarikan lingkungan demi keberlanjutan masa depan dan peradaban manusia," tandasnya.

Pewarta : Andi Ariyanto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda