Jaringan Internet Wajib Sampai Pedesaan | Liputan SBM - Liputan Sbm

25 November 2018

Jaringan Internet Wajib Sampai Pedesaan | Liputan SBM

Lamandau - Berbicara akses internet di Kalimantan Tengah terkhusus di Kabupaten Lamandau, maka masih ada terlihat kesenjangan antara wilayah perkotaan dengan pedesaan, dimana pedesaan selalu jadi 'anak tiri' bila ingin merasakan layanan internet cepat, sejumlah tantangan yang dihadapi oleh operator seluler saat akan menggelar jaringan internet di wilayah pedesaan adalah, kondisi medan yang sangat variatif, mulai dari pegunungan hingga daerah yang masih minim sentuhan kue pembangunam serta populasi penduduk yang tersebar.

"Kondisi seperti ini memerlukan investasi besar agar operator dapat menggelar jaringan internet yang dapat menjangkau populasi yang tersebar tersebut. Apabila dilihat dari sisi bisnis tentu kurang menguntungkan apabila membangun infrastruktur jaringan internet diwilayah yang berpenduduk jarang," tegas Hermansyah di Kota Nanga Bulik, pada Senin (26/11/2018).

Baca juga : Warga Kinipan Tolak Sawit Sejak 2005


Kader Partai Demokrat Kabupaten Lamandau ini kembali menegaskan, jaringan internet dari berbagai operator ini juga menjadi kendala bagi sistem keuangan desa online (Siskuedes-online) tidak bisa berjalan secara normal di beberapa desa di Kabupaten Lamandau.

Keluhan dari beberapa Kepala Desa (Kades) dan Bendaharan Desa wajib berjalan ke desa tetangga terdekat dan atau justru ke kantor kecamatan setempat dengan jarak tempuh puluhan kilo meter, itu pun jika jaringan internet di Kantor Kecamatan kondisi nya sedang baik, hanya untuk menyampaikan laporan keuangan desa secara online.

Baca juga : Walhi Dorong Kelestarian Hutan Untuk Kemajuan Ekonomi


Dirinya sangat mengharapkan Pemkab Lamandau dan dinas teknis terkait bisa mencarikan solusi terkait jaringan internet yang belum bisa di nikmati dibeberapa desa di Bumi Bahaum Bakuba ini.

"Jaringan internet untuk zaman sekarang wajib sampai ke wilayah desa selain kepentingan dipemerintahan kecamatan dan pemerintahan desa juga menjadi penting untuk anak yang sedang menempuh pendidikan yang memerlukan informasi terbaru terkait tugas sekolah," pungkas Hermasyah yang mencalon dari Partai Demokrat, daerah pemilihan (Dapil 2) Lamandau no urut 1

Baca juga : Ada Apa Warga Kinipan Kumpul Di Gedung Dewan


Data yang dikumpulkan dari berbagai sumber, untuk Kecamatan Bulik Timur yang Desa tidak ada jaringan internetnya adalah Desa Merambang, Nanga Kemujan, Batu Tunggal, Sepondam, Toka, Nanga Koring, Sungkup, Nanga Palikodan dan Pendongatan.

Kecamatan Delang di antaranya Desa Kubung, Sokombulan, Ulujejabo, Riam panahan, Nyalang, Riam Tinggi dan Sepoyu.

Kecamatan Belantikan Raya, di antaranya Desa Sungai Buluh, Tangga Batu, Belibi, Karang Besi, Benuatan, Kahingai, Nanga Matu, Bintang Menggalih, dan Pertarikan.

Kecamatan Batang Kawa, diantaranya Desa Batu Tambun, Kinipan, Ginih, Benakitan, Liku, Mengkalang, Karang Mas, Kina dan Jemuat. (eko)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda