Rossalinda : Kelurahan Menteng Selalu Siap Melayani Masyarakat - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

15 October 2021

Rossalinda : Kelurahan Menteng Selalu Siap Melayani Masyarakat


 

Palangka Raya - Adanya rencana pemerintah Indonesia dalam mengubah skema subsidi gas 3 kg yang dulu berupa komoditas dan di tahun 2022 nanti subsidi tersebut langsung ke penerima manfaat.


Untuk itulah awak media mencoba mencari tahu bagaimana cara agar masyarakat miskin bisa menerima subsidi tersebut dengan mendatangi Kantor Kelurahan Menteng Jalan Yos Sudarso III Kota Palangka Raya, Kamis, 14/10/2021.


Ditemui di ruang Kantornya Lurah Menteng Rossalinda Rahmanasari, S.STP didampingi oleh Kasi Pemerintahan Supianto, SH, mengatakan bahwa kewenangan Kelurahan hanya mengeluarkan surat keterangan tidak mampu (SKTM) melalui pengantar dari RT/RW setempat dan SKTM itu bisa diajukan ke Dinas Sosial agar orang tersebut bisa terdata di DTKS.


Baca Juga : LPG 3 Kg Dikhususkan Hanya Kepada Masyarakat Miskin


"Kewenangan Kelurahan hanya mengeluarkan surat keterangan tidak mampu, dan untuk bisa mendapatkan kartu sembako masyarakat tersebut harus terdata di DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial) blanko formulir pengisian juga sudah disiapkan oleh Dinas Sosial dan bisa di ambil di kantor kelurahan, lalu data tersebut akan kami serahkan ke dinas Sosial jadi Kelurahan hanya mengeluarkan surat keterangan tidak mampu setelah itu diajukan ke Dinas sosial ", ucap Rossalinda.


Lebih lanjut Rossalinda menjelaskan Kelurahan Menteng Siap melayani dan membantu masyarakat miskin yang ingin mengurus Kartu sembako ini.


" kami siap melayani apabila ada masyarakat miskin yang ingin tahu bagaimana cara mengurus Kartu sembako tersebut", tegasnya lagi.


Awak media juga sempat menanyakan kepada Lurah tentang program yang sedang dikerjakan oleh Kelurahan Menteng untuk memberikan manfaat bagi warga kelurahan menteng.


Rossalinda mengatakan, "sejak tahun 2020 kemarin kelurahan menteng membentuk sebuah program yang dinamakan Kampung Tangguh Isen mulang dimana disitu terdapat Tiga visitator,yakni tangguh karhutla, tangguh covid, tangguh ketahanan pangan", ujarnya.


Rossalinda juga menambahkan Kelurahan Menteng adalah kampung tangguh isen mulang dimana kelurahan ini mampu untuk mencegah karhutla, mampu untuk menekan penyebaran virus covid-19 serta mampu untuk menyediakan ketersediaan pangan bagi masyarakat yang kurang mampu.


program kampung tangguh ini dapat berjalan sampai sekarang karena banyaknya bantuan yang diberikan oleh masyarakat warga kelurahan menteng dan juga para donatur yang memberikan bantuan dengan cuma-cuma", pungkas Rossalinda. #liputansbm


Pewarta : Andi Ariyanto

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda