Dukung Kualifikasi Guru Besar, LP2M IAIN Palangka Raya Gelar Workshop AGF - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

23 June 2022

Dukung Kualifikasi Guru Besar, LP2M IAIN Palangka Raya Gelar Workshop AGF

 

PALANGKA RAYA - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, kembali melaksanakan kegiatan Workshop Akselerasi Jabatan Fungsional Ke Lektor Kepala dan Guru Besar Bagi Dosen di lingkungan IAIN Palangka Raya, di Luwansa Hotel Palangka Raya, Rabu (22/6/2022).

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari penuh dari tanggal 22 s.d 23 Juni, atau setara dengan 18 jam pelajaran dengan mendatangkan tiga orang Nara sumber berpengalaman yaitu: Prof. Nina Nurmila, Ph.D dari UIN Bandung, Prof Abdul Mujib dari UIN Jakarta dan Ruchman Basori dari Kantor Kementerian Agama RI. 

Dalam laporan kegiatan, Abdul jamil, M. Pd, ketua panitia pelaksana menjelaskan, bahwa kegiatan akselerasi guru besar (AGB) merupakan program kerja andalan dari LP2M IAIN Palangka Raya yang bertujuan untuk mengakselerasi "membantu" secara teknis kepada para dosen di lingkungan IAIN Palangka Raya untuk segera mengajukan kualifikasi ke guru besar bagi dosen berpangkat lektor kepala dan ke lektor kepala bagi mereka yang masih berpangkat lektor.

Kegiatan ini imbuh Jamil, diikuti oleh 30 orang peserta yang merepresentasikan perwakilan dari 4 fakultas dan pasca yang ada di IAIN Palangka Raya. Para peserta kegiatan terdiri dari para dosen berpangkat lektor kepala dan lektor.

Hadir secara khusus dalam kegiatan pembukaan bapak Rektor IAIN Palangka Raya Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag, Wakil Rektor bidang I Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M. Ag dan Narasumber kegiatan di hari pertama Prof. Nina Nurmila, Ph.D dari UIN Bandung yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan di UIII (Universitas Islam Internasional Indonesia).

"Saya sangat berharap, apa yang akan diajarkan Prof Nina Nurmila, Ph.D nanti bisa memberikan dampak positif bagi para peserta, terutama untuk menembus penulisan artikel bereputasi internasional," kata Rektor IAIN Palangka Raya Dr. H. Khairil Anwar saat membuka acara.

"Ini harus kita cermati dengan seksama, sehingga ilmu yang disampaikan, pencerahan yang diberikan kepada dosen-dosen di IAIN Palangka Raya yang menjadi peserta, nantinya bisa menerbitkan artikel pada jurnal yang bereputasi internasional," terangnya.

Rektor juga berpesan, kepada para peserta agar dapat fokus dalam mengikuti kegiatan workshop, meskipun ada kegiatan-kegiatan lain di kampus, namun karena sudah berkomitmen dengan menyatakan didalam Surat Pernyataan mengikuti kegiatan, maka harus tetap fokus dan serius dalam mengikuti kegiatan ini hingga selesai.

"Tetap fokus agar ilmu yang diberikan dapat diterapkan dalam upaya menembus penulisan artikel pada jurnal bereputasi internasional," pungkasnya. 

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda