IBI Berperan Penting Dalam Meningkatkan Kualitas SDM Bidan - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

29 July 2022

IBI Berperan Penting Dalam Meningkatkan Kualitas SDM Bidan

PALANGKA RAYA - Ikatan Bidan Indonesia (IBI) berperan penting dalam meningkatkan kualitas SDM bidan karena bidan adalah ujung tombak dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran dalam sambutannya ketika menghadiri acara HUT IBI ke-71 di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Jumat (29/7/2022).

"Bidan adalah salah satu ujung tombak pemerintah dalam mensukseskan program di bidang kesehatan khususnya pada ibu dan anak. Peran dan fungsi bidan sangat penting untuk mencetak generasi muda yang unggul di masa mendatang dengan memberikan layanan prima pada ibu dan anak dengan penuh hati, ikhlas dan tulus kepada masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut disampaikan Ivo, IBI sebagai wadah para bidan harus siap mengoptimalkan peran dan kiprahnya untuk turut mengambil bagian dalam pembangunan kesehatan, khususnya peningkatan derajat kesehatan masyarakat, menciptakan lingkungan dan keluarga yang bersih, sehat serta sejahtera lahir batin. 

Selain itu menurut Ivo, bidan juga mempunyai tugas penting dalam konseling dan pendidikan kesehatan, tidak hanya kepada perempuan, tetapi juga kepada keluarga dan masyarakat. Mewujudkan kerjasama dengan jejaring kerja. Nilai-nilai yang mendasari IBI adalah mengutamakan kebersamaan, mempersatukan diri dalam satu wadah, pengayoman terhadap anggota, pengembangan diri, peran serta dalam komunitas, mempertahankan citra Bidan dan pelayanan berkualitas kepada Ibu dan Anak.

"Saya mengajak seluruh Pengurus Daerah dan anggota Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah agar tetap menjaga kesehatan, melayani dengan tulus ikhlas dan tetap semangat melayani sebagai tenaga kesehatan garda terdepan. Marilah kita bersama dengan potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk fokus pada pelayanan kesehatan yang dilandasi tekad KALTENG BERKAH," demikian Ivo.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda