Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng Laksanakan Rakerda - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

30 July 2022

Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng Laksanakan Rakerda




PALANGKA RAYA - Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) tahun 2022 di Aula Hotel Best Western Palangka Raya, Sabtu (30/7).

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalimantan Tengah (Kalteng) Yulistra Ivo Azahari dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa Rakerda tahun 2022 tersebut dilaksanakan sebagai bentuk ketaatan pihaknya terhadap ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Gerakan Pramuka yang mewajibkan semua jajaran Kwartir untuk menyelenggarakan Rapat Kerja sesuai tingkatannya sekali setiap tahun.

"Rapat Kerja Daerah tahun 2022 ini merupakan tindak lanjut dari Rapat Kerja Nasional Gerakan Pramuka yang diselenggarakan beberapa waktu yang lalu," kata Ivo.

Dikatakan Ivo bahwa dalam Rakerda tahun 2022 ini akan disampaikan laporan pelaksanaan program kerja tahun sebelumnya dan menyusun program kerja tahun 2023, serta laporan masing-masing Kwartir Cabang. 

"Semua materi yang disampaikan dalam Rakerda ini dimaksudkan sebagai bahan evaluasi dan bahan untuk menyelaraskan program antara Kwarnas dengan Kwarda, dan dengan Kwarcab se-Kalimantan Tengah," ungkapnya.

Selain itu, dirinya juga mengajak para pimpinan dan jajaran gerakan Pramuka di Kalimantan Tengah untuk bersama-sama, bersinergi meningkatkan kegiatan pramuka di Kalimantan Tengah dengan semangat Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Pada momen Rakerda tersebut, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng, Yulistra Ivo Azahari juga berpesan agar dalam menyusun program kerja, Kwarda Gerakan Pramuka Kalteng kiranya selalu memperhatikan substansi dan nilai-nilai sebagai berikut :

1. Penguatan pendidikan karakter peserta didik dan pembina pramuka sebagai kader bangsa dengan semangat kebangsaan.

2. Adaptasi terhadap kemajuan teknologi dan informasi kegiatan pramuka.

3. Penguatan sikap, mental dan nilai-nilai kewirausahaan, pendidikan koperasi, dan kecintaan terhadap produk lokal.

 4. Mengimplementasikan Dasa Karya Gerakan Pramuka 2018 2023 dan Rencana Kerja (Renja) Kwarda Kalimantan Tengah 2018-2023. 

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda