Sinergi Percepatan Penurunan Stunting, Pemprov Kalteng Adakan Rakor Strategis - Liputan Sbm

06 February 2024

Sinergi Percepatan Penurunan Stunting, Pemprov Kalteng Adakan Rakor Strategis

Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Rakor untuk Pemetaan (Mapping) Rencana Kerja dan Penandaan (Tagging) Anggaran Stunting Tahun 2024.
LIPUTANSBM.COM, Palangka Raya - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Bappedalitbang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) untuk Pemetaan (Mapping) Rencana Kerja dan Penandaan (Tagging) Anggaran Stunting Tahun 2024.

Acara tersebut dibuka oleh Wakil Gubernur Kalteng, H. Edy Pratowo, yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Kalteng, di Aula Bappedalitbang pada Selasa (6/2/2024).

Rapat ini dihadiri oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) dari seluruh Kabupaten/Kota di Kalteng, serta perwakilan dari Pemerintah Kabupaten/Kota secara langsung maupun daring.

Kepala Bappedalitbang Provinsi Kalteng, Leonard S. Ampung, menjelaskan bahwa rapat tersebut bertujuan untuk memetakan kegiatan prioritas sebagai bagian dari program kerja perangkat daerah, termasuk rencana pembangunan jangka Panjang, menengah, strategis, rencana kerja, dan anggaran.

"Selain itu, tujuan rapat juga mencakup finalisasi data aksi matrik perangkat daerah provinsi dan kabupaten/kota sebagai implementasi data rencana aksi matrik daerah," katanya.

Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo, menambahkan bahwa pemetaan kegiatan dan penganggaran adalah hal mutlak yang harus dipersiapkan untuk mendorong percepatan penurunan stunting.

Untuk merumuskan hal tersebut, forum diskusi dengan para pemangku kepentingan diperlukan.

Rapat koordinasi ini merupakan tindak lanjut dari Pra Rakor yang telah diselenggarakan pada 30 Januari 2024.

"Dalam rapat hari ini, akan dibahas mengenai penguatan sinergi dan kepedulian Tim Percepatan Penurunan Stunting serta koordinasi dan evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan percepatan penurunan stunting," ungkapnya.

Melalui pertemuan strategis ini, diharapkan data aksi matrik dan indikator kinerja dari Perangkat Daerah/Instansi dan Kabupaten/Kota dapat dipertajam, sehingga dapat difinalisasikan sebagai implementasi Data Rencana Aksi Matrik Daerah.

Pewarta : Antonius Sepriyono

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda