Kanwil Kemenag Bersama Forkopimda Kalteng Peringati HSN di Hasanka Boarding School Palangka Raya - Liputan Sbm

22 October 2021

Kanwil Kemenag Bersama Forkopimda Kalteng Peringati HSN di Hasanka Boarding School Palangka Raya




PALANGKA RAYA - Kantor Wilayah Kementrian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) bersama dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kalteng merayakan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2021 yang dilaksanakan di lapangan Hasanka Boarding School (HBS) Palangka Raya pada Jumat 22 Oktober 2021.

Dalam kesempatan tersebut Kepala Kemenag Kalteng, Dr. H. Noor Fahmi menyampaikan tahun ini merupakan perayaan HSN kelima.

Untuk diketahui, pada tahun 2015 lalu, Presiden Republik Indonesia (RI) Ir. Joko Widodo mengeluarkan keputusan presiden (Keppres) Nomor 22, yang menyatakan tanggal 22 Oktober sebagai peringatan HSN. Kemudian pada 2019 lalu disahkan Undang-Undang (UU) Nomor 18 tentang pesantren.

"Pada tahun ini keluar lagi Peraturan Presiden (Perpres) tentang pendanaan pondok pesantren, yang artinya Pemerintah Pusat punya perhatian terhadap pendidikan di pondok pesantren," katanya ketika dibincangi oleh sejumlah media.

Dengan adanya dasar hukum tersebut, maka pendidikan pada pondok pesantren setara dengan pendidikan formal.

Noor Fahmi juga berharap agar masyarakat Kalteng, khusunya yang ada di Kota Palangka Raya agar mempercayakan anak-anaknya untuk mengenyam pendidikan di pondok pesantren.

"Kepada para santri, saya minta agar tetap semangat belajar di pondok pesantren, semoga semua pondok pesantren bisa maju dan berkembang di tengah masyarakat," tuturnya.



Masih dilokasi yang sama, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalteng, Dr. HM Wahyudie F. Dirun menyerahkan piagam penghargaan kepada Kapolda Kalteng, Irjen Dedi Prasetyo yang diterima oleh Wakapolda Kalteng Brigjen Ida Oetari Poernamasari.

Pemberian piagam penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi nahdiyin melalui NU Kalteng, karena Polda Kalteng terus mencetus gagasan dan inovasi dalam percepatan proses vaksinasi kepada keluarga besar NU Kalteng, sekaligus untuk mensukseskan program vaksinasi nasional.

"Sekali lagi, mewakili nahdiyin saya berterima kasih kepada Polda Kalteng," demikian Dr. HM Wahyudie F. Dirun.

Pewarta : Antonius Sepriyono | Liputan SBM



Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda