Taj Yasin, Umat Islam Harus Bisa Berdampingan Dengan Keyakinan Lain - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

11 January 2022

Taj Yasin, Umat Islam Harus Bisa Berdampingan Dengan Keyakinan Lain




Jateng - Peristiwa ditendangnya sesajen di lokasi erupsi Gunung Semeru, Desa Supiturang,  Kecamatan Pronojiwo, Lumajang Jawa Timur oleh seorang pria belum lama ini, disayangkan Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen. Menurutnya, itu merupakan sikap tidak menghormati perbedaan dalam berkeyakinan.


"Ajaran di pondok pesantren selama ini tidak ada yang seperti itu. Kita saling menghormati. Kita berjalan bersama," kata Wagub Jateng saat ditemui pada hari Senin (10/01) usai meresmikan Pondok Pesantren Nurul Anwar, Wonogiri Jawa Tengah. Selasa,11/01/2022.


Wagub Taj Yasin berpandangan, warga pondok pesantren hanya diberikan amanat untuk menyampaikan ajaran Islam. Tetapi hidayah, adalah sesuatu yang berbeda karena merupakan hak prerogatif Allah SWT.


"Kalau hidayah itu sudah berbeda. Maka memang kita harus melebur menjadi satu (hidup berdampingan), untuk mewarnai disitu," katanya


Ajaran Walisongo yang berhasil menyebarkan Islam di Indonesia, lanjutnya, hendaknya bisa menjadi contoh. Para wali yang menyampaikan dakwah dengan menyesuaikan tradisi masyarakat di zaman itu, membuat Islam mudah diterima.


"Harus saling menghormati. Tadi Kyai Anwar (Zahid) juga menyampaikan bagaimana dakwahnya para wali di Indonesia. Mulai dari gending-gendingnya, ada lagon-lagon (lagu-lagu) jawa, syair-syairnya," jelas dia. #liputansbm


Pewarta : Puji S

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda