FBIM 2024: Memperingati Kearifan Lokal dan Kebudayaan Kalteng - Liputan Sbm

08/04/2024

08/04/2024

15 May 2024

FBIM 2024: Memperingati Kearifan Lokal dan Kebudayaan Kalteng

LIPUTANSBM.COM, PALANGKA RAYA -Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata akan menggelar sebuah perhelatan yang menggabungkan keindahan seni, kuliner, dan kegiatan budayayakni Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tahun 2024. Acara ini akan dilaksnaka di Palangka Raya tanggal 18-24 Mei 2024.

FBIM merupakan sebuah acara yang menjadi bagian penting dari perayaan HUT Ke-67 Provinsi Kalimantan Tengah, FBIM tidak sekadar menjadi ajang perayaan budaya tahunan, namun juga menjadi simbol upaya pelestarian dan pengembangan seni dan budaya lokal di tengah arus globalisasi yang semakin kuat.

Dengan tema "The Power of Culture", FBIM 2024 menunjukkan komitmen yang kuat dalam memperkuat identitas budaya Kalimantan Tengah sebagai bagian tak terpisahkan dari kekayaan budaya Indonesia, Rabu (15/5/2024)

Pembukaan FBIM tahun ini tidak hanya menampilkan keindahan seni tari dengan melibatkan 100 penari dari berbagai sanggar dan pelajar di daerah tersebut, tetapi juga menyuguhkan festival kuliner Nusantara yang memikat lidah. Tidak ketinggalan, konser musik yang menghadirkan Dewa 19, Kangen Band, Ungu, dan Vionita menjadi sorotan utama yang memeriahkan malam pembukaan nantinya.

Selain itu, ada kegiatan lomba yang melibatkan partisipasi dari semua kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah memberikan warna tersendiri dalam FBIM 2024. Dari karnaval budaya hingga lomba tradisional seperti sepak sawut dan besei kambe, peserta ditantang untuk mempertunjukkan kekreatifitasan dan kepiawaian mereka dalam mempersembahkan budaya daerah masing-masing.

(Diambil dari flippingbook.com dinas kebudayan Pariwisata Kalimantan Tengah) Menyadari pentingnya kolaborasi antara sektor publik dan swasta dalam mengembangkan potensi pariwisata daerah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah, Adiah Chandra Sari mengharapkan bahwa kesuksesan FBIM 2024 bukan hanya diukur dari seberapa banyak medali atau penghargaan yang diraih, melainkan dari semangat kebersamaan, persaudaraan, dan persatuan yang terpancar dari setiap rangkaian acara.

Diharapkan bahwa semangat dan keberhasilan FBIM 2024 akan memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi perkembangan kebudayaan dan pariwisata di Kalimantan Tengah, serta menjadi promosi yang efektif dalam meningkatkan kunjungan wisata ke daerah tersebut, tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari mancanegara. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda