Camat Pahandut: Adipura adalah Komitmen Kita Menjaga Kebersihan - Liputan Sbm

04 March 2023

Camat Pahandut: Adipura adalah Komitmen Kita Menjaga Kebersihan



PALANGKA RAYA - Mendapatkan penghargaan Adipura tentunya menjadi kebangaan bagi suatu daerah, sebab Adipura adalah sebuah penghargaan bagi daerah dengan performa terbaik dalam menjaga lingkungan hidup yang berkualitas, bersih, teduh dan berkelanjutan. Kebanggaan itu bisa diwujudkan dalam berbagai hal seperti memasang umbul-umbul atau arak-arakan membawa piala adipura dengan pawai keliling kota. 

Karena rasa bangga itulah Pemerintah kota Palangka Raya melakukan arak-arakan keliling Kota, dalam arak-arakan Adipura yang dilangsungkan pada hari Jumat (3/3/2023) pagi tersebut diikuti sejumlah perangkat pemerintah kota termasuk camat dan lurah Kota Palangka Raya. 

Saat diwawancarai awak media Camat Pahandut, Berlianto, S.E., M.E mengatakan penghargaan ini bukan hanya sekedar penghargaan tapi ini adalah sebuah komitmen kita bisa meningkatkan khususnya kebersihan di kota Palangka Raya. 

"Karena kita tahu untuk mendapatkan Adipura ini bukan hal yang gampang jadi semua komponen masyarakat harus tetap berkomitmen menjaga kebersihan kota," ucapnya.

Lebih lanjut Berlianto mengatakan, untuk mempertahankan itu pasti akan lebih sulit. Adipura ini menjadi harapan dan keseriusan  bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk tetap berkomitmen dan konsisten dalam menjaga kebersihan.

Selain itu Berlianto juga menjelaskan untuk pengelolaan sampah diwilayahnya, dia mengatakan, bahwa di tahun 2023 ini, Kecamatan Pahandut akan membuat dua depo sampah, yang mana untuk lokasinya masih akan disesuaikan. "Untuk lokasi depo yang akan dibangun nantinya tergantung dengan kebutuhan, pihak Kecamatan akan melihat serta meninjau dimana lokasi warganya yang kesulitan untuk membuang sampahnya," ungkapnya.

Pembangunan depo ini nantinya diharapkan agar dapat mempermudah masyarakatnya untuk menjaga kebersihan diwilayah lingkunganya serta sebagai upaya untuk terus meningkatkan kebersihan di lingkungan masing-masing.

Di tempat yang sama, awak media ini juga berkesempatan untuk mewawancarai Lurah Langkai, Sri Wanti. Dirinya memberikan apresiasi kepada setiap pihak yang turut ambil bagian atas apa saja yang telah diraih oleh "Kota Cantik" yakni mampu mendapatkan Adipura.

"Kita sangat apresiasi sekali, dimana 27 tahun kita berada di masa penantian, tahun 2022 Palangka Raya kembali mendapatkan penghargaan Adipura. Ini berkat dukungan dari seluruh masyarakat kota Palangka Raya yang bahu membahu dan bergotong royong bersama-sama dengan bagian dari tim pertamanan, tim penyapu jalan serta ASN dan PTT serta dari DLH yang setiap hari Jumat turun ke jalan dan melakukan kerja bakti. Kita bersyukur memiliki Walikota dan Wakilnya yang selalu memperhatikan kebersihan di sekitar kota Palangka Raya dan hasilnya sudah terbukti, piala Adipura sudah kita dapatkan," tutur wanita murah senyum ini.

Lebih lanjut, Sri juga menyampaikan bahwa pihaknya dari kelurahan Langkai senantiasa menyampaikan kepada RT di wilayahnya agar selalu menggiatkan kerja bakti diwilayahnya masing- masing. "Untuk wilayah Langkai, saat ini sudah memiliki 17 unit motor roda tiga jenis tossa. Motor ini merupakan motor operasional Kelurahan yang dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk mendukung dalam sarana kebersihan bagi masyarakat wilayah Langkai. Mari kita menjaga kebersihan di lingkungan masing- masing, karena tidak mudah untuk mendapatkan penghargaan Adipura ini karena penilaiannya berasal dari seluruh elemen masyarakat," jelasnya mengakhiri wawancara. 

Pewarta : Andy Ariyanto | Liputan SBM 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda